Denmark Lolos ke Piala Dunia 2022

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 02:40
Denmark Lolos ke Piala Dunia 2022

PARIS - Denmark menjadi tim kedua yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Austria 1-0, Rabu (13/10) dini hari WIB. Pada laga lain, Inggris dibuat frustrasi oleh Hungaria di Wembley.

Joakim Maehle mencetak gol pada menit ke-53 untuk mengirim Denmark ke Qatar saat mereka melanjutkan momentum melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 musim panas ini.

"Kami hanya bisa bermimpi tentang hal-hal seperti ini," ujar gelandang Denmark Pierre-Emile Hojbjerg. "Ini gila. Ini sangat besar bagi saya, ini sangat besar untuk tim, untuk sepak bola Denmark, dan untuk Denmark. Dengan usia dan kualitas yang kami miliki, kami hanya akan terus berkembang," sambungnya.

Denmark bergabung dengan Jerman, yang sebelumnya sudah memastikan lolos. Negara tuan rumah Qatar lolos secara otomatis.

Inggris kesulitan saat tim Hungaria yang agresif menahan mereka untuk bermain imbang 1-1. Pertandingan itu dirusak oleh adegan-adegan buruk di Wembley ketika para pendukung Hungaria bentrok dengan petugas dan polisi.

Tim asuhan Gareth Southgate tertinggal lewat gol penalti di babak pertama yang dicetak Roland Sallai. John Stones menyamakan kedudukan pada menit ke-37 dari umpan silang Phil Foden.

Harry Kane gagal mencetak gol di babak kualifikasi untuk pertama kalinya dalam 16 pertandingan. Dia digantikan saat pertahanan Hungaria yang kokoh membuat tim Inggris yang tidak seimbang terus bertahan. "Kami tidak bermain di level yang kami butuhkan, sesederhana itu," ujar Southgate.

Bek Inggris Tyrone Mings menyerukan hukuman yang lebih keras untuk rasisme dalam sepak bola setelah muncul masalah di Wembley. Polisi bergerak untuk menangkap seorang pendukung Hungaria karena pelanggaran ketertiban umum yang diperburuk oleh sikap rasis.

Mings mengatakan: "Setiap kali kita berbicara tentang pelecehan rasial, hukuman yang mengikuti tampaknya tidak pernah sejalan dengan apa yang telah terjadi. Saya sangat berharap jika itu masalahnya, hukumannya sesuai dengan apa yang terjadi kali ini."

Inggris pasti akan mencapai final tahun depan jika mereka mengambil empat poin dari kualifikasi terakhir mereka melawan Albania dan San Marino pada November mendatang.

"Hattrick" Ronaldo

Polandia berada di urutan kedua di belakang Inggris di Grup I setelah kemenangan di Albania. Pertandingan dihentikan dan kedua tim meninggalkan lapangan saat para suporter melempar botol setelah Karol Swiderski mencetak gol kemenangan pada menit ke-77. Tim kemudian kembali ke lapangan untuk menyelesaikan permainan.

Cristiano Ronaldo mencetak dua penalti dalam enam menit dan menyelesaikan hattrick internasional ke-10 dalam karirnya pada menit ke-87 saat Portugal mengalahkan Luksemburg 5-0.

Bruno Fernandes dan Joao Palhinha adalah pencetak gol lainnya. Meski demikian Portugal tetap satu poin di belakang Serbia di Grup A setelah Serbia mengalahkan Azerbaijan 3-1 di kandang.

Dusan Vlahovic, pemain Fiorentina berusia 21 tahun yang mulai menarik minat klub-klub terbesar Eropa, mencetak dua gol dan Dusan Tadic mencetak gol ketiga Serbia.

Swedia tetap unggul dua poin dari Spanyol di Grup B berkat kemenangan 2-0 melawan Yunani. Skotlandia mendapat kemenangan 1-0 yang sangat dibutuhkan atas Kepulauan Faroe.

Itu berarti mereka membutuhkan satu kemenangan lagi dari dua pertandingan untuk mengamankan tempat playoff saat berusaha mencapai putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1998. Lyndon Dykes mencetak gol bagi Skotlandia untuk laga keempat berturut-turut.

Swiss tetap bersaing untuk lolos ke Qatar ketika mereka 4-0 di kandang Lithuania dengan Breel Embolo mencetak dua gol. Swiss memiliki 14 poin sama dengan Italia di Grup C, tetapi berada di posisi kedua karena selisih gol. Ukraina ditahan imbang tanpa gol oleh Bosnia-Herzegovina, berada di urutan kedua Grup D di belakang Prancis dan hanya unggul satu poin dari Finlandia.

Teemu Pukki mencetak dua gol saat Finlandia mengalahkan Kazakhstan 2-0 untuk menjadi pencetak gol internasional terbanyak sepanjang masa negaranya dengan 33 gol, menyalip Jari Litmanen.

Prancis, yang memenangkan Liga Bangsa-Bangsa pada hari Minggu dengan mengalahkan Spanyol, tidak akan beraksi lagi hingga November. ben/AFP/S-2

Artikel Asli