Loading...
Loading…
Akhirnya, Ajang Penting Itu Kembali Digulirkan

Akhirnya, Ajang Penting Itu Kembali Digulirkan

Olahraga | jawapos | Senin, 11 Oktober 2021 - 12:32

JawaPos.com- Setelah sempat tak bisa diselenggarakan akibat pandemi Covid-19, kompetisi usia muda Elite Pro Academy (EPA) 2021 untuk U-16 dan U-18 kembali digulirkan. Drawing untuk dua kompetisi elite usia muda itu digelar di kantor PSSI dan disiarkan secara daring melalui YouTube.

Untuk kompetisi tahun ini, ke-18 tim peserta diambil dari tim yang berlaga di Liga 1 yang dibagi ke dalam tiga grup. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, kompetisi kelompok umur itu akan difokuskan di Bandung.

Untuk U-16, kompetisi berlangsung di Stadion Arcamanik, Stadion Lodaya, dan Stadion Progresif. Sedangkan U-18 akan bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Sabilulungan.

Insya Allah kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-18 akan dimulai pada 18 Oktober 2021. PSSI berharap kompetisi ini berjalan lancar dan sesuai visi program PSSI yang ingin terus meningkatkan kualitas kompetisi. Terutama usia dini, ujarnya.

Menurut dia, kompetisi EPA U-16 dan U-18 penting dilaksanakan oleh PSSI demi pembinaan pemain muda dan tentu sebagai sarana mencari pemain berbakat untuk timnas U-19 dan U-23.

Pada musim terakhir (musim 2019), juara U-16 diraih PS Tira-Persikabo dan Bhayangkara FC di posisi kedua. Sementara itu, juara U-18 diraih Bhayangkara FC dan PSIS Semarang sebagai runner-up.

Di sisi lain, COO Bhayangkara FC Kombespol Sumardji menyebutkan, timnya sudah siap mengikuti dua kompetisi. Hanya, meski sebagai juara bertahan di Elite Pro U-18, kali ini tim tidak ditarget mempertahankan gelar lantaran berbagai hal. Seperti pandemi. Kami di Bhayangakra FC ikut saja. Tidak ada target, ucapnya kepada Jawa Pos kemarin.

Hal senada disampailan CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi. Dia menyebutkan, tim Laskar Mahesa Jenar tidak menargetkan prestasi khusus di ajang EPA. Target kami adalah mengorbitkan pemain muda baru untuk PSIS senior dan timnas, ujarnya.

Jebolan PSIS U-18 2019 memang cukup banyak yang masuk tim utama saat ini. Di timnas, juga terdapat nama Pratama Arhan yang menembus skuad senior dan U-23.

Ziaul Haq selaku direktur PT PBMB (Polana Bola Madura Bersatu) mengungkapkan, secara tim, pihaknya sudah ada karena menjalankan Madura United Football Academy (MUFA).

Kami menyambut baik atas kejelasan pelaksanaan EPA, karena proses pembinaan internal bisa memiliki tolok ukur jelas, bebernya.

Perihal target, dia menyebut, EPA memberikan pengalaman bertanding para pemain muda binaan dengan atmosfer kompetisi nasional.

Hasil Pembagian Grup EPA Liga 1 U-16 dan U-18
Grup A
Madura United FC
PSM Makassar
Persiraja Banda Aceh
Arema FC
Persik Kediri
Borneo FC

Grup B
Bali United FC
PS Sleman
Persikabo 1973
Persipura Jayapura
PS Barito Putera
Persija Jakarta

Grup C
Persela Lamongan
PSIS Semarang
Persita Tangerang
Bhayangkara FC
Persebaya Surabaya
Persib Bandung

Original Source

Topik Menarik