F1; Bottas Podium Pertama, Verstappen Puncaki Klasemen

republika | Olahraga | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 21:32
F1; Bottas Podium Pertama, Verstappen Puncaki Klasemen

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas berhasil finis terdepan pada seri Formula 1 (F1) Turki di Sirkuit Istanbul Park, Ahad (10/10) malam WIB. Bottas unggul 14,58 detik dari Max Verstappen yang berada di posisi kedua.

Ini menjadi kemenangan pertama Valtteri Bottas di musim ini. Sebelumnya ia tujuh kali finis ketiga dan sekali menempati posisi kedua. Kemenangan ini memantapkan posisinya di urutan ketiga.

Bottas memulai balapan dari posisi terdepan, setelah Lewis Hamilton yang merajai kualifikasi terkena hukuman mundur 10 posisi start karena pergantian mesin melebihi ketentuan. Pembalap Finlandia itu mampu terus memimpin hingga dua pertiga lomba.

Charles Leclerc (Ferrari) sempat merebut posisinya sejak lap ke-38. Namun, Bottas kembali berhasil menyalipnya di lap ke-47. Leclerc melorot ke posisi keempat setelah masuk pit.

Bottas akhirnya finis terdepan, unggul 14,58 detik dari Verstappen, yang berhasil merebut puncak klasemen dengan posisi finis kedua. Ia kini unggul enam poin dari Hamilton. Sergio Perez finis ketiga, sekaligus merebut podium ketiga musim ini.

Lewis Hamilton, yang memulai dari posisi ke-11 karena hukuman, tampil cukup bagus. Ia terlibat pertarungan perebutan posisi keempat dengan Sergio Perez. Sempat naik ke posisi ketiga, Hamilton melorot ke urutan kelima setelah masuk pit. Ia akhirnya finis di posisi tersebut.

Hamilton yang harus memulai balapan dari urutan ke-11 akibat hukuman penalti sebenarnya sempat menempati posisi podium pada lap ke-48.

Hingga akhir balapan, Hamilton gagal memangkas jaraknya dengan empat pembalap di depannya sehingga harus puas finis di urutan ke-lima.

Adapun kegagalan mendapatkan podium pada F1 GP Turki 2021 membuat Hamilton harus merelakan puncak klasemen sementara pembalap kepada Verstappen.

Artikel Asli