Cetak Pesepak Bola Muda, Pelatih Jaya Hartono Dirikan Sekolah Sepak Bola

jatimtimes.com | Olahraga | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 17:10
Cetak Pesepak Bola Muda, Pelatih Jaya Hartono Dirikan Sekolah Sepak Bola

JATIMTIMES - Mencetak pemain sepak bola harus dimulai sejak usia dini. Karena itu, mendidiknya pun harus diperhatikan agar permainannya dapat memesona. Terpanggil untuk mencetak pemain bola dari usia dini, Jaya Hartono pelatih berlisensi A AFC ini mendirikan sekolah akademi 'Jaya Hartono Football Academy'.

Dengan akademi tersebut diharapkan dapat menjadi wadah dalam mencetak generasi emas dalam memberi support Timnas Garuda ke depan.

"Akademi ini harapannya dapat bermanfaat dan memunculkan talenta muda Kediri yang mampu berkiprah di ajang sepak bola nasional bahkan dunia," kata Budi Cahyono, Ketua JFA atau Jaya Hartono Football Academy.

Budi Cahyono mengatakan, di akademi JFA ini nantinya akan dinaungi secara langsung oleh Pelatih Kepala Jaya Hartono dan sejumlah pelatih berlisensi lainnya.

"Jadi JFA ini merupakan terobosan yang sangat bagus utamanya sebagai wadah bagi calon pemain unggulan, mengingat di akademi nanti mereka akan dilatih sesuai dengan standarisasi sesuai dengan kebutuhan pemain, yang akan ditunjang oleh sejumlah pelatih syarat pengalaman," ungkap Budi Cahyono.

JFA adalah suatu wadah untuk menyalurkan hobi bakat dalam bermain sepakbola untuk pemain usia dini. Untuk saat ini JFA baru memiliki jenjang pembinaan usia dini yang terangkum dalam tingkat kelompok usia 13, 15 dan 17 tahun.

Visi JFA bertekad menjadikan dirinya sebagai pusat pembinaan sepakbola usia muda di wilayah Kediri. Menjadi Sekolah Sepakbola terbaik di Kediri pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya. Menjadi SSB yang paling produktif menyalurkan pemain-pemainnya ke klub-klub Liga Indonesia. Sekretariat JFA berada di Permata Biru Blok H NO.20 Kelurahan Pakunden Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Sementara itu, bila melihat kiprah Jaya Hartono terbilang cukup moncer di kancah sepak bola tanah air. Catatan kisah tersuksesnya ialah sempat menjadi pelatih kepala di Persik Kediri. Bahkan sepak terjang yang ditunjukkan Jaya Hartono saat menukangi Persik Kediri tak bisa dianggap sepele.

Lewat tangan dingin Jaya Hartono sukses menyulap Persik menjadi tim yang mengerikan. Persik berhasil menjuarai kompetisi Divisi I tahun 2002.

Bukan itu saja, yang lebih istimewa, Persik menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia 2003 langsung setelah promosi dari kasta kedua. Lalu catatan manis berikutnya yaitu mampu keluar sebagai juara di Piala Gubernur di tahun 2002.

Artikel Asli