Gerak Cepat Selesaikan Masalah dengan Badan Anti-Doping Dunia, Menpora: Indonesia Kini Bebas Sanksi

Olahraga | okezone | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 14:40
Gerak Cepat Selesaikan Masalah dengan Badan Anti-Doping Dunia, Menpora: Indonesia Kini Bebas Sanksi

JAKARTA - Semenjak ditegur oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia langsung bergerak memperbaiki masalah. Kini kabar terbarunya adalah Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa Indonesia telah bebas sanksi.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah menerima teguran dari WADA karena dianggap tidak patuh program pengujian efektif anti-doping pada 7 Oktober 2021 lalu. Beredarlah asumsi terkait sanksi yang akan diterima olahraga Indonesia di kancah dunia.

Sanksi tersebut di antaranya, tidak dapat menjadi tuan rumah untuk ajang bertaraf regional, benua, maupun dunia. Selain itu, Indonesia bisa saja tanpa identitas berupa bendera dan lagu kebangsaan bila mentas di luar negeri.

Menpora Zainudin Amali

Mendapat teguran dan tekanan berupa kekhawatiran masyarakat, membuat Kemenpora langsung mengirim surat klarifikasi kepada WADA. Klarifikasi itu berkaitan bahwa Indonesia belum memenuhi kebutuhan sampel doping yang telah direncanakan sebelumnya pada Test Doping Plan (TDP) 2021.

Di tahun ini, pandemi Covid-19 memaksa banyak ajang olahraga diberhentikan sehingga tidak ada yang dijadikan sampel. Akhirnya Indonesia berencana memakai sampel dari penyelenggaraan PON XX Papua 2021 untuk memenuhi itu semua.

Akhirnya, WADA menerima klarifikasi itu dan menunggu pemberian sampel itu dari PON yang kini masih berlangsung. Dengan ini, Menpora mengharapkan masyarakat tak perlu lagi khawatir terkait kemungkinan sanksi yang diterima Indonesia.

Artikel Asli