Guardiola: Tanpa Messi, Barca Nggak Punya Nyawa

rm.id | Olahraga | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:10
Guardiola: Tanpa Messi, Barca Nggak Punya Nyawa

Pelatih Manchester City Pep Guardiola buka suara soal amburadulnya performa Barcelona sejak ditinggal Lionel Messi. Dia mengaku tidak terkejut dengan situasi Barca saat ini.

Lionel Messi lebih dari sekadar pemain hebat. Dia nyawa Barcelona, kata Guardiola seperti dikutip dari The Guardian, kemarin.

Ketika dia pergi, jangankan saya, orang-orang pasti berpikiran Barca akan tamat. Itu tidak bisa dipungkiri, dan Barca butuh waktu lama untuk bisa seperti semula, imbuhnya.

Mantan pelatih Barca itu menambahkan, bukti Messi adalah pembeda di tim Catalan adalah ketika berhasil bikin 40-an gol dalam semusim. Messi pun merupakan top skor klub sepanjang masa dengan 672 gol, serta mampu mempersembahkan 30 gelar juara.

Prestasi ini bukti Messi adalah pembeda. Dia tak melulu mencetak gol, tapi assist-nya dan pergerakannya sangat memudahkan tim. Tanyakan saja pada pemain-pemain yang pernah bermain dengannya, ujar Guardiola.

Tapi memang, nasib Barca kian memprihatinkan sejak Messi hengkang ke Paris Saint Germain (PSG) awal musim ini. Jangankan di kancah Liga Champions, Barca bahkan sudah seperti macan ompong di La Liga.

Mereka kini terlempar ke peringkat kesembilan dengan koleksi 12 poin dari tujuh laga. Di Liga Champions, nasibnya lebih nahas. Blaugrana dua kali kalah dari Bayern Munich dan Benfica dengan skor telak 0-3, sementara di dasar Grup E.

Salah satu penyebab amburadulnya Barcelona diyakini adalah karena kepergian Messi. Sudah sekitar 17 musim lamanya, akhirnya Messi meninggalkan Camp Nou. [DNU]

Artikel Asli