6 Cara Membuat Mental Menjadi Lebih Kuat

skor.id | Olahraga | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 09:00
6 Cara Membuat Mental Menjadi Lebih Kuat

SKOR.id - Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman. Perasaan cemas atau khawatir juga dapat menimbulkan stres.

Berkonsultasi kepada spesialis sangat dianjurkan jika stres terjadi secara intensif atau bahkan tanpa alasan yang jelas.

Namun sebenarnya ada beberapa yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan perasaan cemas. Penulis buku Good Anxiety sekaligus ahli syaraf Wendy Suzuki membagikan program latihan yang dapat membantu Skorer membangun ketahanan dan ketahanan mental untuk mengendalikan kecemasan.

1. Memvisualisasikan Hasil Positif

Di pagi atau malam hari sebelum tidur, biasanya dihabiskan untuk berpikir. Salah satunya adalah memikirkan hal-hal yang tidak pasti dan membayangkan bagaimana kita bertindak saat sesuatu terjadi.

Dalam masa ini, cobalah untuk membayangkan dan memvisualisasikan hasil terbaik. Dengan cara ini, kita dapat membangun ide-ide tidak terduga untuk memecahkan situasi yang biasanya menyebabkan kekhawatiran.

2. Ubah Kecemasan Menjadi Kemajuan

Otak manusia memungkinkan kita untuk menjadi tangguh dalam masa sulit seperti belajar tenang, mengevaluasi situasi, dan membuat keputusan lebih cerdas.

Sejumlah studi merekomendasikan agar mempertimbangkan kembali bagaimana emosi yang dirasakan justru dapat membantu kita bergerak maju. Misalnya saat marah biasanya dapat memotivasi seseorang untuk lebih baik, sementara rasa takut atau cemas memuat kita lebih berhati-hati.

3. Mencoba hal baru

Salah satu yang dapat membantu Skorer mengatasi kecemasan adalah dengan melakukan hal baru. Contoh yang bisa dilakukan adalah mencoba kurus online . bergabung dengan klub olahraga setempat, atau berpartisipasi dalam sebuah acara.

4. Komunikasi

Ketika Skorer merasa kecemasan yang berlebih bahkan hingga stres, jangan ragu untuk menceritakan masalahkepada teman dan keluarga. Skorer juga bisa membangun hubungan yang sehat dan suportif dengan kelompok lainnya.

Saat stres susah parah, meminta bantuan kepada ahli adalah jalan yang tepat.

5.Menghabiskan Waktu diAlam

Menurut ilmu pengetahuan, mengabiskan waktu di alam memiliki efek positif pada kesehatan mental. Menurut studi pada 2015, pemandian alam dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi.

Berjalan-jalan di taman terdekat juga dapat membantu mengendalikan emosi.

6. Cuitan Positif

Mungkin terdengar aneh, tapi cara ini memang dapat mendorong perasaan semangat kita di pagi dan malam hari.

Dengan mengunggah cuitan positif di akun Twitter atau media sosial lainnya, akan membuat kita hanya memikirkan hal-hal menyenangkan dan positif, yang dapat mengusir perasaan stres.

Berita Kebugaran Lainnya

5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan, Salah Satunya Melawan Kanker

Mengenal 5 Gejala-gejala Masalah Kesehatan Mental pada Pria

&
Artikel Asli