Newcastle Jadi Klub dengan Bos Paling Tajir Sejagat

republika | Olahraga | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:55
Newcastle Jadi Klub dengan Bos Paling Tajir Sejagat

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United langsung melesat menempati tempat teratas dalam daftar klub dengan pemilik paling kaya sejagat. Public Investment Fund (PIF) secara resmi telah mengambil alih kepemilikan the Magpies dari pengusaha asal Inggris, Mike Ashley, dengan gelontoran dana mencapai 305 juta poundsterling.

Sebanyak 80 persen dari total pembelian Newcastle itu akan ditanggung oleh lembaga investasi milik Pemerintah Arab Saudi yang dipimpin langsung Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Kepindahan kepemilikan Newcastle itu pun sudah diakui dan diresmikan oleh otoritas penyelenggara Liga Primer Inggris.

''Tidak hanya menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris, dengan kepindahan kepemilikan ini, Newcastle United menjadi klub dengan pemilik terkaya sejagat. Kekayaan bersih PIF diketahui mencapai 320 miliar poundsterling,'' tulis laporan Marca , Sabtu (9/10).

Meski PIF dipimpin oleh Mohammed bin Salman, jabatan Direktur Eksekutif Newcastle United akan ditempati oleh Sheikh Yasir Al-Rummayyan, yang juga duduk sebagai Gubernur PIF. Dari segi kekayaan aset, PIF dilaporkan memiliki aset hingga mencapai 250 miliar poundsterling.

Sebagai perbandingan, pemilik Newcastle United sebelumnya, Mike Ashley, diketahui memiliki kekayaan bersih sekitar 2,5 miliar poundsterling. Berdasarkan lansiran Daily Mail, PIF berada di urutan teratas dalam daftar pemilik klub sepak bola terkaya sejagat dengan kekayaan bersih mencapai 320 miliar poundsterling.

Kekayaan PIF ini menggungguli kekayaan pemilik Paris Saint-Germain (PSG), Sheikh Tamim, lewat Qatar Investment Authority, yang ditaksir memiliki kekayaan 220 miliar poundsterling. Bahkan, kekayaan PIF ini begitu jauh mengungguli kekayaan pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, yang dilaporkan memiliki kekayaan mencapai 21 miliar poundsterling.

Artikel Asli