Soal Dugaan Sepak Bola Gajah di PON Papua 2021, Begini Penjelasan Menpora

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:55
Soal Dugaan Sepak Bola Gajah di PON Papua 2021, Begini Penjelasan Menpora

SKOR.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan respons terkait dugaan sepak bola gajah yang terjadi di PON Papua 2021.

Seperti diketahui, dugaan sepak bola gajah mencuat setelah video gol bunuh diri bek tim sepak bola Kalimantan Timur (Kaltim), M Rizky Ramadhan, beredar luas di media sosial.

Di Stadion Barnabas Youwe, Senin (4/10/2021), Rizky diduga sengaja memasukan bola ke gawang sendiriyang membuat tim sepak bola Aceh menang 3-2 atas Kaltim.

Dugaan itu menguat karena posisi Rizky dan kiper Kaltim tidak rapat dan sang pemain memiliki ruang yang leluasa untuk menyapu bola secara aman, tidak mendapat tekanan dari pemain lawan.

Kecurigaansemakin diperkuat oleh performa pertahanan Kaltim yang berbeda. Sebelum gol tersebut,mereka memiliki pertahanan yang bagus.

Adapun kemenangan Aceh membuat tim Sulawesi Utara gagal lolos ke enam besar. Meski sama-sama mengoleksi tiga poin, kalah selisih gol.

Mendengar kabar dugaan terjadinya sepak bola gajah di PON Papua 2021 membuat Menpora RI bergerak cepat untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

Zainudin Amali mengaku tidak menyaksikan pertandingan antara Aceh versus Kaltim tersebut secara langsung.

Namun, percaya dengan beberapa pihak yang ia hubungi langsung, termasuk mantan pesepak bola nasional. Sumber-sumber tepercaya Menpora berada di lokasi pertandingan.

Menurut sumber-sumber tersebut, tidak ada yang perlu dicurigai dari pertandingan tersebut. Menpora pun memastikan bahwa praktik sepak bola gajah tidak ada di PON Papua 2021.

"Saya sudah tanyakan kepada teman-teman yang netral. Mereka mengatakan, 'Kami tidak melihat ada sesuatu yang perlu dicurigai'," ujar Zainudin Amali di konferensi pers virtual, Selasa (6/10/2021).

Lebih lanjut Menpora menilai, gol bunuh diri yang dilakukan Rizky dapat terjadi karena posisi kiper Kaltim sudah tidak mungkin untuk menghalau bola.

"Soal gol yang terjadi seolah bunuh diri karena memang kipernya sudah out of position ," kata Zainudin Amali.

"Artikel ini telah tayang di Pikiran-rakyat.com dengan judul "Menpora Bicara soal Dugaan Sepak Bola Gajah Aceh vs Kaltim di PON Papua."

Menpora Ingatkan Pemda untuk Siapkan Rencana Pengelolaan Fasilitas Olahraga Usai PON

Berstandar Internasional, Menpora Puji Kualitas Venue Biliar PON XX Papua

&
Artikel Asli