Quartararo di Ambang Juara Dunia MotoGP 2021, Inilah 3 Keunggulannya

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:30
Quartararo di Ambang Juara Dunia MotoGP 2021, Inilah 3 Keunggulannya

AUSTIN - Fabio Quartararo selangkah lagi meraih gelar juara dunia MotoGP 2021 . Pembalap Monster Energy Yamaha itu kokoh bertengger di posisi puncak klasemen MotoGP 2021 usai finis kedua pada seri MotoGP Amerika Serikat (AS) 2021 di Circuit of the Americas (COTA), Senin (4/10/2021) dini hari WIB.

Quartararo menyelesaikan lomba di belakang Marc Marquez yang menjadi pembalap tercepat dengan catatan waktu 41 menit, 41,435 detik. Pembalap asal Prancis itu kini mengemas 254 poin, unggul 52 poin dari Francesco Bagnaia di peringkat 2. Sedangkan Joan Mir di urutan ketiga dengan 175 poin.

Apa yang membuat Quartararo tampil impresif musim ini? Hal itu didukung kehebatannya yang tak dimiliki pembalap lain. Bahkan kehebatan itu diakui oleh pesaingnya seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo.

Lalu,apa keunggulan yang dimiliki pria kelahiran Nice, Prancis, 20 April 1999,tersebut? Berikut uraiannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki kekuatan dari segi fisik

Menurut Rossi, kompetitornya itu memiliki fisik yang sangat bagus. Bahkan, ia mengklaim tak ada pembalap yang menyainginya dalam kekuatan fisik di Moto GP 2021.

"Saya pikir, sekarang ini dia merupakan pembalap yang paling bagus secara fisik. Dia sempat alami masalah dengan lengannya. Tapi kalau bisa atasi masalah itu, dia kandidat juara," kata Rossi dilansir dari Crash.

2. Cara pengeremannya yang brilian

Pembalap lainnya, Vinales mengakuinya memiliki kehebatan dari segi pengereman. Menurutnya cara pengereman Quartararo sangat cocok untuk motor Yamaha. Bahkan, mantan rekan setimnya itu sangat ingin belajar dalam aspek tersebut.

"Fabio sangat bagus saat mengerem. Cara dia mengerem dan menaruh roda belakang sangat cocok untuk Yamaha. Saya belajar banyak darinya tentang pengereman dan saya belajar untuk meningkatkan diri saya di area ini," ungkap Vinales, dilansir dari Crash.

3. Sudah menyatu dengan YZR M1

Alasan lainnya yang membua Quartararo hebat di musim ini, yakni dirinya yang sudah cocok dan menyatu saat menunggangi YZR M1. Hal senada juga diungkapkan oleh Lorenzo.

Menurutnya, kecocokan dengan motor tunggangan salah satu faktor penting di atas lintasan. Seorang pembalap yang menunggangi motor kesukaannya dinilai dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya di atas trek.

"Ketika pembalap menemukan motor yang dia sukai dan cocok dengan gaya balapnya, dia mulai bekerja dengan pikirannya, pada konsentrasinya, bakatnya muncul kembali dan mengejutkan semua orang. Inilah yang terjadi padanya di Moto GP,"kata Lorenzo dilansir dari Tuttomotoriweb.

Kembali ke podium, saat ini Moto GP 2021 menyisakan dua putaran lagi, yakni Moto GP Emilia Rogmana, dan Moto GP Valencia. Saat ini Quartararo masih sulit dikudeta dengan torehan 254 poin, diikuti oleh pembalap Ducati, Francesco Bagnaia 202 poin.

Artikel Asli