Piala Thomas 2020: Tim Inggris Mundur, Malaysia Alihkan Fokus ke Jepang

Olahraga | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:30
Piala Thomas 2020: Tim Inggris Mundur, Malaysia Alihkan Fokus ke Jepang

AARHUS - Tim Piala Thomas Inggris mundur jelang event digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, 917 Oktober 2021. Federasi Bulu Tangkis Inggris (Badminton England) mengonfirmasi penunduran tersebut pada 4 oktber.

"Badminton Inggris hari ini mengumumkan penarikan tim yang dijadwalkan berlaga di Piala Thomas di Denmark akhir pekan ini karena cedera tiga dari empat pemain tunggal terpilih," demikian penjelasan tim Inggris dalam laman badmintonengland.co.uk.

"Cedera pada pemain peringkat teratas berarti bahwa Badminton England tidak dapat menurunkan tim yang kompetitif dan, oleh karena itu, telah mengambil keputusan sulit untuk mundur dari turnamen."

Alhasil, rival mereka di Grup D Piala Thomas, Malaysia, akan berfokus penuh untuk bisa bersaing dengan Jepang. Sebab, dengan mundurnya Inggris, otomatis Negeri Sakura menjadi satu-satunya saingan terkuat Malaysia. Sedangkan, satu tim lagi, yakni Kanada, tidak punya tim yang terlalu mumpuni.

Meski begitu, Presiden Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Tan Sri Mohamad Norza Zakaria, tidak mau merevisi target Tim Thomas Negeri Jiran. Dia tetap menargetkan anak buahnya untuk bisa sampai ke babak perempat final.

Alasannya, pengunduran diri Inggris tidak membuat langkah Malaysia menjadi lebih mudah. Sebab, kondisi para pemain mereka sudah tidak maksimal usai bertanding di Piala Sudirman 2021.

"Kami merasa mundurnya Inggris bukan keuntungan besar bagi Malaysia, jadi kami akan fokus penuh ke Jepang. Kami harus realistis tentang target kami karena pemain kami telah melalui banyak pertandingan di Piala Sudirman," kata Zakaria dilansir dari Bernama, Rabu (6/10/2021).

"Itu mungkin membuat mereka sedikit lelah dan saya pikir tidak tepat untuk merevisi target karena kami tidak ingin menekan mereka. Saya pikir para pemain dan pelatih kami tahu penampilan seperti apa yang diharapkan dari mereka, tidak hanya oleh BAM, tetapi juga oleh para penggemar, sehingga mereka harus berjuang sampai akhir," imbuhnya.

Akan tetapi, Zakaria tetap optimis Tim Thomas Malaysia bisa meraih hasil maksimal di turnamen beregu putera tersebut.

"Selain ekspektasi yang tinggi, para pemain muda juga perlu memiliki daya tahan untuk bermain di turnamen back-to-back (berturut-turut). Saya sangat yakin tim Piala Thomas kami bisa melaju jauh di turnamen kali ini," pungkasnya.

Sekadar informasi, pada Piala Sudirman 2021 yang berakhir pada akhir pekan lalu di Finlandia, Malaysia berhasil meraih medali perunggu yang merupakan pencapaian terbaik mereka sejak 2009 lalu. Negeri Jiran dikalahkan Jepang di semi final setelah mengalahkan musuh bebuyutan mereka, Indonesia, di perempat final.

Artikel Asli