Sebanyak 29 Atlet Terpapar Covid-19, Menpora Sebut PON XX Papua Masih Terkendali

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:30
Sebanyak 29 Atlet Terpapar Covid-19, Menpora Sebut PON XX Papua Masih Terkendali

SKOR.id - Meski sudah menerapkan protokol kesehatan ketat, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tak bisa lepas dari penyebaran Covid-19.

Setidaknya hingga Selasa (5/10/2021), ada 29 atlet yang terpapar virus Covid-19. Mereka tersebar di beberapa cabang olahraga.

Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan penularan Covid-19 di PON 2021 masih terkendali.

Masyarakat tak perlu khawatir karena sejauh ini tidaksampai mengganggu jalannya pertandingan PON XX Papua yang tersebar di empat klaster.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena penularan Covid-19 yang terjadi di PON masih terkendali," kata Menpora, Rabu (6/10/2021).

"Sama sekali menghindarkan PON dari penularan Covid-19 jelas tidak mungkin karena memang berlangsung di tengah pandemi."

"Kami hanya bisa semaksimal mungkin untuk menjaga para atlet maupun ofisial (di klaster PON 2021) agar terhindar dari penularan Covid-19."

Meski seluruh atlet dan ofisial yang berpartisipasi di PON 2021 sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Tak ada jaminan mereka akan bebas dari penularan.

Hanya, kalaupun akhirnya terpapar, dampaknya tak akan terlalu berbahaya untuk atlet maupun ofisial yang bersangkutan serta yang melakukan kontak.

"Sebagai contoh, ada atlet yang saat terinfeksi Covid-19 angka CT-nya 37. Itu tidak menular. Dan, setelah tracing,teman-teman sekamarnya tak ada yang terinfeksi."

Zainudin Amali mengatakan, ada kemungkinan atlet sebenarnya sudah tertular sejak belum berangkat ke Papua karena proses inkubasi virus adalah 7-14 hari.

Namun, saat melakukan tes Swab PCR awal di Papua, mereka negatif."Jadi perlu dicek, di mana atlet tersebut terinfeksi Covid-19."

"Bisa jadi, mereka itu sudah tertular sejak sebelum berangkat (ke Papua)," ujar Zainudin Amali soal potensi penularan Covid-19.

Jadwal Pertandingan PON XX Papua 2021 Hari Ini

LIVE Update: Perolehan Medali PON XX Papua 2021

&
Artikel Asli