Profil Khabib Nurmagomedov, Eks Petarung UFC yang Sayang Orang Tua

Olahraga | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:13
Profil Khabib Nurmagomedov, Eks Petarung UFC yang Sayang Orang Tua

MAKHACHKALA, iNews.id - Sosok Khabib Nurmagomedov sering mencuri perhatian media meski dia sudah pensiun dari Ultimate Fighting Championship (UFC). Dikenal sebagai atlet olahraga keras, Khabib sesungguhnya adalah pria penyayang khususnya pada orang tuanya.

Khabib Nurmagomedov terkenal berkat aksinya di olahraga bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA). Di ajang UFC, dia mencatatkan diri sebagai petarung legendaris yang tak terkalahkan dari 29 laga.

Dikenal beringas di dalam octagon atau ring, Khabib sejatinya adalah sosok penyayang orang tua. Sosok kelahiran Dagestan, Rusia, pada 20 September 1988 itu bahkan pernah memberikan wejangan pada fans muda agar ingat kasih sayang yang orang tua berikan. Hal itu disampaikannya usai ayah sekaligus trainer -nya, Abdulmanap, meninggal dunia karena Covid-19 pada April 2020 lalu.

Abdulmanap dan Khabib Nurmagomedov (Foto: ESPN)
Abdulmanap dan Khabib Nurmagomedov (Foto: ESPN)

"Orang tuamu adalah segalanya, ibumu, ayahmu. Orang tuamu mengajarkan apa saja sampai kau bisa melakukannya," ucap Khabib, dikutip dari Give Me Sport, Rabu (6/10/2021).

"Ketika di usia 15 atau 16 tahun dirimu bakal berpikir mengetahui segalanya, merasa punya tenaga besar. Dirimu bakal lupa momen saat usia dua tahun," lanjut Khabib.

"Terkadang dirimu lupa menghormati orang tua, dirimu semestinya mengingat segalanya saat sudah dewasa, bagaimana mereka mendukungmu dan memberikanmu kehidupan. Ini sangat penting," jelas Khabib yang juga berpredikat salah satu tokoh muslim berpengaruh saat ini.

Sosok sang ayah Abdulmanap sendiri sangat berjasa besar bagi Khabib. Setelah ditinggal oleh ayahnya untuk selama-lamanya, pemilik julukan The Eagle itu memutuskan pensiun dari dunia MMA.

"Parents are everything".

Saddened to hear about the passing of Khabib's father (innaa lillahi wa innaa ilayhi raji'un).

His father meant a lot to him and in this video, he urges young people to be close to their parents. pic.twitter.com/QQmWbbZSGf

IlmFeed (@IlmFeed) July 3, 2020

Sementara itu, ibu dari Khabib adalah sosok yang misterius. Menurut Essentially Sports, ibunya bernama Fatima sedangkan Gol.ru menuliskannya Patimat dengan nama akhir Nurmagomedova.

Ibunya tidak pernah tampil di depan publik. Namun, Khabib pernah menceritakan cerita unik tentang sang ibu yang senang melihat anaknya menang ketika bertanding.

"Ayah saya menyuruh setiap waktu 'hei, berhentilah bertarung'. Dia tahu, saya punya kemampuan, pengetahuan untuk menyakiti orang dari latihannya. Ibu saya selalu bertanya 'kau kalah atau menang?'. Saya jawab saya menang, bagus. Kau tahu, karena di jalanan aturannya berbeda, tahu kan? Sepanjang waktu dia suka bilang jangan pernah pulang kalau dirimu kalah," cerita Khabib, dikutip dari Sportskeeda.

Artikel Asli