Banyak Big Match, Antisipasi Kedatangan Penonton di Area Luar Stadion

Olahraga | jawapos | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:26
Banyak Big Match, Antisipasi Kedatangan Penonton di Area Luar Stadion

JawaPos.com- Seri 1 Liga 1 20212022 yang berlangsung di DKI Jakarta-Jawa Barat-Banten berakhir. Kini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bersiap menggelar seri 2 yang berlangsung di Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Terdapat empat stadion yang sudah ditunjuk untuk menggelar pertandingan. Yaitu, Stadion Manahan (Solo), Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Maguwoharjo (Sleman), dan Stadion dr H Moch Soebroto (Magelang).

Di seri 2 bakal banyak big match. Mulai Persebaya melawan Persija, Persebaya versus Arema FC, hingga Persija melawan Arema FC. Tiga laga tersebut dipastikan akan menarik atensi besar mengingat rivalitas yang terjadi selama ini.

Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyatakan, pihak keamanan sudah mengalkulasi untuk mengamankan pertandingan. Kami sudah berkoordinasi dengan polda dan polres setempat. Mereka terbiasa menangani pertandingan big match, ujarnya.

Keputusan tidak adanya penonton pada musim ini cukup memudahkan pihak keamanan. Namun, yang patut diwaspadai adalah kehadiran penonton di luar stadion.

Seperti kejadian ketika pendukung Persib Bandung berada di luar Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, saat tim kebanggaannya melawan Persikabo 1973 (27/9) dan PSM Makassar (2/10).

Mereka hadir bukan untuk memberikan dukungan langsung. Melainkan untuk melakukan protes terhadap klub Maung Bandung atas prestasi yang dianggap jauh dari harapan. Di dua laga itu, Persib bermain imbang 0-0 lawan Persikabo 1973 dan 1-1 dengan PSM.

Ya, hadirnya suporter di area luar stadion bukan tidak mungkin terjadi lagi pada seri 2 nanti. Terlebih, daerah ini cukup terjangkau bagi tim-tim besar di Indonesia yang memiliki basis suporter banyak di kawasan tersebut.

Pihak keamanan sudah mengantisipasi yang di Cikarang. Alhamdulillah, tidak ada masalah. Nanti akan koordinasi lebih dengan pihak kepolisian masing-masing daerah, ucapnya.

Artikel Asli