8 Sinyal Diet Gagal, Salah Satunya Selalu Kesemutan

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:00
8 Sinyal Diet Gagal, Salah Satunya Selalu Kesemutan

SKOR.id - Tubuh kita akan memberikan sinyal ketika ada hal yang tidak berjalan dengan baik. Contohnya adalah ketika proses menurunkan berat badan tidak berjalan sesuai rencana.

Salah satu tujuan diet atau mengatur pola makan adalah untuk menurunkan berat badan hingga menjadi ideal. Namun masalanya, sudah menjalani program diet dengan serius, berat badan tak kunjung turun.

Menurut para ahli, menurunnya berat badan tergantung pada genetik, aktivitas fisik, usia, dan kebiasaan. Salah satu hal penentu keberhasilan diet adalah perilaku terhadap makanan dan bagaimana merespons merespons alarm tertentu yang menunjukkan bahwa ada yang salah.

Dengan memperhatikan sinyal berikut ini, Skorer bisa tahu bahwa program diet yang dijalani tidak sesuai rencana.

1. Merasa Lelah Ketika Bangun Pagi

Jika Skorer merasa kurang bergairan saat bangun pagi, berarti ada sesuatu yang tidak beres. Mengikuti program diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti tubuh merasa tidak berenergi di pagi hari. Jika merasa demikian, artinya ada kemungkinan Skorer tidak makan makanan dengan gizi seimbang.

Coba cek apakah Skorer makan lemak berlebih dengan kacang atau biji-bijian, atau apakah makan di malam hari. Jika ya, maka disarankan mengganti buah-buahan tingi lemak dengan sayur dan buah selama lima hari, serta tidak makan malam setelah jam 7 malam.

2. Selalu Merasa Lapar

Selalu merasa lapar merupakan sinyal bahwa harapan menurunkan berat badan Skorer tidak berhasil. Meski Skorer mengonsumsi makanan rendah kalori, namun gizi seimbang harus tetap terpenuhi dengan asupan cairan, protein, lemak, karbohidrat, dan serat untuk memberikan energi.

3. Makin Doyan Ngemil

Jika Skorer terus-terusan ngemil di antara jam makan, maka ini akan menjadi masalah untuk mengendalikan berat badan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab merasa lapar terus menerus. Ada kemungkinan Skorer kekurangan nutrisi tertentu atau tidak mengonsumsi cukup kalori sehingga merasa lapar terus.

Jika mengalami masalah ini, disarankan untuk memasukkan buah-buahan saat ngemil, serta menjaga agar asupan lemak tidak melebihi seharusnya.

4. Kesemutan Terus Menerus

Mencoba menurunkan berat badan secara instan dan tanpa diet yang baik, maka tubuh akan memberi sinyal kekurangan nutrisi. Salah satu ciri kekurangan nutrisi berupa kesemutan terus menerus pada telapak tangan dan kaki. Hal ini dikarenakan kekuarangan zat gizi mikro seperti vitamin B kompleks.

5. Mudah Ngantuk

Merasa kelelahan disertai dengan banyak tidur dan sering bermalas-malasan adalah tanda lain bahwa diet Skorer gagal. Secara umum, gejala ini berhubungan dengan kekuarangan vitamin C dan B kompleks.

Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat merekomendasikan buah-buahan segar sebagai alternatif untuk mengonsumsi asam askorbat dalam jumlah yang cukup.

6. Cedera pada Mulut

Adanya luka atau cedera pada mulut dapat menjadi salah satu sinyal kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu, dianjurkan mengatur konsumsi makanan seperti unggas, ikan, kerang, dan daging tanpa lemak.

7. Tidak Mood Berolahraga

Ketika rencana berolahraga hanya tinggal rencana, kemungkinan besar Skorer kehabisan energi atau makan terlalu banyak lemak. Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur karena mereka menyediakan jenis gula yang diserap dengan cepat sebagai tambahan kalori untuk olahraga.

Sementara lemak yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan menghambat energi yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik.

8. Sulit Mempertahankan Berat Badan Ideal

Pada poin ini ada dua hal yang harus diperhatikan: tidak dapat menurunkan berat badan atau justru kehilangan berat badan lebih dari yang diperlukan.

Jika berada di situasi ini, Skorer harus memeriksa apakah gaya hidup yang dijalani sudah benar atau belum. Yang perlu diingat, tidak boleh berhenti mengonsumsi sumber makanan utama seperti buah dan sayur.

Berita Kebugaran Lainnya

Pentingnya Mengonsumsi Jahe bagi Para Atlet

5 Risiko yang Terjadi ketika Salah Penanganan Gigi Berlubang

&
Artikel Asli