Legenda NBA Pau Gasol Putuskan Pensiun dari Dunia Basket, Ini Prestasi Terbaiknya

Olahraga | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:32
Legenda NBA Pau Gasol Putuskan Pensiun dari Dunia Basket, Ini Prestasi Terbaiknya

BARCELONA, iNews.id - Pau Gasol mengumumkan pensiun sebagai pebasket profesional, Selasa (5/10/2021) waktu setempat. Dengan demikian, pebasket asal Spanyol tersebut mengakhiri kariernya yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade.

Sepanjang kariernya, Pau Gasol menyabet dua gelar NBA dan satu medali emas kejuaraan dunia bersama Timnas Basket Spanyol. Sosok berpostur 2 meter lebih sebelum pensiun telah malang-melintang di sejumlah top NBA, seperti Chicago Bulls, Los Angeles Lakers, dan Milwaukee Bucks.

Sebelumnya, Gasol yang kini berusia 41 tahun telah mengumumkan perpisahannya dari bola basket internasional pada Agustus lalu. Keputusan itu dibuat setelah Spanyol kalah dari Amerika Serikat di perempat final Olimpiade Tokyo. Itu merupakan Olimpiade kelima yang dia ikuti.

Kini, Gasol tergabung dengan klub Spanyol FC Barcelona sejak Februari. Sebelumnya, kariernya sempat terhenti karena patah tulang kaki kiri yang membuatnya tidak bisa bermain selama hampir dua tahun.

Sang pemain pun angkat suara terkait keputusannya kali ini. "Saya akan pensiun dari bola basket profesional. Ini adalah keputusan yang sulit setelah bertahun-tahun. Akan tetapi, ini adalah keputusan yang benar-benar saya pikirkan," ujar Gasol dilansir dari Marca.

Pengumuman terkait pensiunnya itu dibuat dalam sebuah acara di sebuah gedung opera di Barcelona. Acara itu dihadiri oleh mantan rekan satu tim dan anggota keluarganya, termasuk istri, anak perempuan dan saudara lelakinya, Marc.

Gasol terakhir kali bermain di NBA bersama Bucks pada 2019. Dia menandatangani kontrak dengan Portland Trail Blazers pada tahun itu, tetapi tidak pernah bermain. Pemain center itu memenangkan gelar juara dunia bersama Spanyol pada 2006 dan gelar Eropa pada 2009, 2011 dan 2015.

Dia membantu Timnas Basket Spanyol memenangkan medali perak Olimpiade pada 2008 di Beijing dan 2012 di London, serta perunggu pada 2016 di Rio de Janeiro. Selain itu, dia meraih juara NBA bersama Los Angeles Lakers sebanyak dua kali pada musim 2009 dan 2010.

Artikel Asli