Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui soal Final UEFA Nations League

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:45
Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui soal Final UEFA Nations League

SKOR.id - Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal final UEFA Nations League.

Apa itu final UEFA Nations League?

Ini adalah babak akhir gelaran UEFA Nations League, akan mempertandingkan dua babak semifinal, perebutan tempat ketiga, dan laga final.

Laga semifinal akan dihelat 6 dan 7 Oktober 2021, sedangkan perebutan tempat ketiga dan final dilangsungkan pada tanggal 10 Oktober waktu setempat.

Siapa saja yang ikut serta?

Dari 55 negara UEFA, empat tim berhasil lolos ke babak semifinal: Italia, Spanyol, Belgia, dan Prancis. Keempatnya adalah juara masing-masing grup di Liga A UEFA Nations League.

Jadwal UEFA Nations League?

Semifinal

Kamis (7/10/2021) 01.45 WIB - Italia vs Spanyol

Jumat (8/10/2021) 01.45 WIB - Belgia vs Prancis

Perebutan tempat ketiga

Minggu (10/10/2021) 20.00 WIB - Kalah semifinal 1 vs kalah semifinal 2

Final

Senin (11/10/2021) 01.45 WIB - Menang semifinal 1 vs menang semifinal 2

Di mana UEFA Nations League digelar?

Laga semifinal hingga final dihelat di Italia, tepatnya di Stadion San Siro (Milan) dan Juventus Stadium (Turin). San Siro akan jadi tempat laga final dihelat.

Tiga negara mengajukan diri sebagai tuan rumah, selain Italia ada Belanda dan Polandia. Italia dipilih karena jadi satu-satunya negara yang lolos ke semifinal.

Dua stadion yang jadi host sebaiknya berada di satu kota, atau berjarak maksimal 150 kilometer dan masing-masing memiliki minimal kapasitas 30 ribu penonton.

Masing-masing laga bisa ditonton maksimal 50 persen kapasitas stadion tempat laga berlangsung.

Harusnya semifinal dan final dihelat pada musim panas lalu, tetapi diundur sampai Oktober karena mundurnya gelaran Euro 2020.

Bagaimana format pertandingan?

Di semifinal dan final, jika laga imbang, maka akan ada tambahan waktu 30 menit, jika masih imbang maka akan diadakan adu penalti.

Laga perebutan tempat ketiga tak memiliki babak tambahan. Jika laga imbang 90 menit, akan langsung masuk babak adu penalti.

Lima pergantian pemain diperbolehkan, dengan satu tambahan pergantian jika masuk babak tambahan.

Skuad pemain?

Masing-masing negara diperbolehkan membawa 23 pemain dengan tiga pemain adalah penjaga gawang, dan diumumkan 10 hari sebelum Semifinal UEFA Nations League dimulai.

Jika ada pemain yang sakit atau cedera dan tak bisa ikut sebelum laga pertama tim di turnamen, sang pemain bisa diganti.

Siapa juara bertahan UEFA Nations League?

Timnas Portugal adalah juara bertahan, menang di musim panas 2019 lalu. Portugal saat ini tak lolos ke semifinal, mereka hanya finis di posisi kedua grup di belakang Prancis.

Apa yang pemenang dapatkan?

Trofi. Kebanggaan. Poin untuk ranking FIFA. Juga uang hadiah untuk asosiasi.

Apakah laga UEFA Nations League berhubungan dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022?

Ya. Untuk bisa bertanding pada bulan Oktober 2021 ini, keempat negara semifinalis UEFA Nations League masuk ke grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berisi lima negara, bukan yang berisi enam negara.

UEFA Nations League 2021: 2 Pemain Debutan Timnas Spanyol Siap Curi Perhatian

Artikel Asli