PON Patokan Prestasi Atlet Panjat Tebing Ikut Kejuaraan Dunia

Olahraga | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 02:12
PON Patokan Prestasi Atlet Panjat Tebing Ikut Kejuaraan Dunia

MIMIKA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menjadi tolok ukur prestasi bagi para atlet panjat tebing yang akan mengikuti kejuaraan dunia.

Zainudin mendapat informasi kalau tahun depan, Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bersiap menjadikan Indonesia tuan rumah kejuaraan panjat tebing dunia. Untuk itulah dia meminta para atlet yang ikut kejuaraan tersebut bisa berprestasi.

"Sebagai informasi, Ketua Umum (FPTI) Mbak Yenny Wahid baru mengabarkan ke saya bahwa kita akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia panjat tebing tahun depan. Seperti apa teknisnya, saya belum tahu. Tapi saya berharap kita tidak hanya menjadi tuan rumah, tapi juga bisa berprestasi," ujar Zainudin di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika, Senin (4/10).

Zainudin meminta para atlet Indonesia bisa unjuk kemampuan di kejuaraan tingkat dunia itu, sehingga tidak hanya menampilkan diri sebagai tuan rumah yang baik saja. Dia ingin para atlet yang menampilkan performa baik selama di PON Papua, bisa ditempa lagi dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas).

Sehingga PON Papua merupakan ajang pemantauan bibit-bibit atlet baru yang berprestasi, sebelum mengikuti seleksi pelatnas. Pelatnas itu akan menentukan siapa yang terus, dan siapa yang keluar lagi," tandasnya. ben/Ant/S-2

Artikel Asli