Arena Belum Siap, Cabor Renang Artistik dan Selam Kolam PON XX Papua Mundur Sehari

skor.id | Olahraga | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 19:05
Arena Belum Siap, Cabor Renang Artistik dan Selam Kolam PON XX Papua Mundur Sehari

 

SKOR.id - Meski telah dipersiapkan dengan matang, pelaksanaan PON XX Papua 2021 tak lepas dari berbagai kendala.

Terakhir, dua cabor sekaligus, renang artistik dan selam kolam, dipastikan ditunda sehari karena arena pertandingannya belum siap.

Dilansir dari Antaranews, Technical Delegate (TD) cabor renang artistik, Fitrah Utami Harsono, menyampaikan pengumuman itu Senin (4/10/2021).

Utami, sapaannya, menyebut panitia masih perlu waktu untuk menyiapkan peralatan lomba di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

"Arena perlombaan (renang dan selam) sebelumnya digunakan polo air dan baru selesai kemarin malam," ujar Utami, menjelaskan.

"Jadi untuk mempersiapkan semuanya, butuh waktu dan memang seharusnya ada jeda minimal satu hari untuk penggunaan arena dari satu cabor ke yang lain."

Banyak atlet lantas memanfaatkan jeda satu hari ini untuk berlatih. Sedangkan panitia sibuk mempersiapkan peralatan lomba.

"Untuk renang artistik, persiapan peralatannya memang butuh waktu. Mulai dari memasang alat perlombaan, musik bawah air, dan yang lain," kata Utami.

"Selain itu, atlet juga harus mencoba air dari kolam renang. Walau tinggal berlomba, tetap saja mereka harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu."

Selain renang artistik, cabor selam kolam juga mundur satu hari, sehingga perlombaan baru akan berlangsung besok, Selasa (5/10/2021).

Sedikitnya, delapan nomor akan berlangsung, 200m bifin putra dan putri, 50m apnea putra dan putri, 100m bifin putra dan putri, hingga 800m surface putra dan putri.

Sebelumnya, panitia pertandingan cabor Rugby7 juga sempat mengundur jadwal pertandingan yang semula 4-6 Oktober menjadi 12-14 Oktober 2021.

"Saat rapat diputuskan untuk diundur karena persoalan kesiapan lapangan," ujar Koordinator Pertandingan dan Perwasitan, Michaelzedek Arwan, Senin (4/10/2021).

"Tapi, di luar dugaan, pengerjaan dan persiapan lapangan selesai lebih awal. Sementara panitia telah menginformasikan ke kontingen soal perubahan jadwal."

NOC Indonesia Yakini PON Papua akan Lahirkan Bintang Baru Olahraga Nasional

Meski Honor Belum Cair, Pengprov PBSI Jatim Tetap Berangkatkan Atlet ke PON Papua

&

Artikel Asli