5 Fakta MotoGP Americas 2021, Moncernya Marquez hingga Kebangkitan Rossi

skor.id | Olahraga | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 16:45
5 Fakta MotoGP Americas 2021, Moncernya Marquez hingga Kebangkitan Rossi

SKOR.id - MotoGP Americas 2021 yang tuntas digelar Senin (4/10/2021) dini hari WIB, menyisakan beberapa fakta menarik.

Dalam balapan yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA) itu, Marc Marquez (Repsol Honda) keluar sebagai pemenang.

The Baby Alien, julukannya, dominan sejak lap pertama. Usai start, dirinya menyalip Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Kesuksesannya memijakkan kaki di podium teratas COTA bukan satu-satunya fakta menarik sepanjang balapan MotoGP Americas 2021.

Berikut lima fakta unik dari MotoGP Americas 2021 yang dihimpun Skor.id:

1. Marc Marquez kembali merebut takhta Raja COTA

Sebelum MotoGP Americas 2019, Marquez menyapu bersih kemenangan di COTA. Pembalap asal Cervera itu menyapu bersih enam balapan.

Namun, rekor tersebut putus pada 2019. The Baby Alien gagal finis dan trofi jatuh ke tangan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Dan, 2020, MotoGP Americas batal akibat pandemi Covid-19. Marc Marquez kembali merebut singgasananya, tahun ini.

2. Marc Marquez setara dengan Valentino Rossi dan Giacomo Agostini

Bicara soal kejuaraan dunia balap motor, Valentino Rossi dan Giacomo Agostini tak bisa dilewatkan menyusul catatan apik keduanya.

Valentino Rossi dan Giacomo Agostini kerap dianggap pembalap terbaik sepanjang masa karena torehannya sulit dilampaui pembalap lain.

Namun, kemenangan Marc Marquez di COTA membuatnya sejajar dengan dua legenda itu yakni sebagai pembalap dengan koleksi tujuh kemenangan di dua sirkuit.

Hingga saat ini, Marc Marquez sudah mengoleksi tujuh kemenangan dari MotoGP Americas dan delapan gelar dari MotoGP Jerman.

Sedangkan rivalnya, Valentino Rossi, mencatat tujuh kemenangan di GP Italia, Spanyol, dan Catalunya, serta delapan di MotoGP Belanda.

Giacomo Agostini sedikit lebih unggul, dengan torehan delapan kemenangan di MotoGP Jerman dan MotoGP Belgia, serta 10 di MotoGP Finlandia.

3. Fabio Quartararo makin dekat dengan juara dunia

Tak hanya The Baby Alien yang menjadi sorotan pada balapan, akhir pekan lalu, melainkan sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo.

Pembalap berjuluk El Diablo tersebut berhasil mendulang 20 poin usai finis sebagai runner up. Kini, dia membukukan 254 poin dari 15 balapan.

Dengan keunggulan 52 poin dari pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo berkesempatan memastikan gelar lebih cepat.

Tepatnya pada seri balapan selanjutnya,MotoGP Emilia Romagna. Syaratnya pun relatih mudah, ia hanya perlu finis di depanFrancescoBagnaia.

4. Meletupnya pertarungan antara Jack Miller dan Joan Mir

Perseteruan antara Jack Miller dan Joan Mir sebenarnya bukan kabar baru. Keduanya terlibat insiden di lintasanMotoGP Doha 2021.

Terbaru, mereka kembali bentrok pada MotoGP Americas di COTA, Senin (4/10/2021) dini hari WIB.

Jack Miller, yang berupaya mengamankan posisi kelima, dibuat emosi dengan tingkah Joan Mir yang menghalanginya.

Joan Mir dinilai dengan sengaja menyerobot posisi Jack Miller hingga membuat pembalap Australia itu melebar.

Atas tindakannya ini, Joan Mir mendapat "semprotan" dari Jack Miller usai balapan plus penalti satu setrip dari MotoGP.

5. Valentino Rossi akhiri paceklik poin

Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) menunjukkan penurunan performa yang signifikan dalam tiga seri terakhir MotoGP 2021.

The Doctor, yang telah memutuskan pensiun akhir musim ini, gagal merebut satu poin pun di Sirkuit Silverstone, Aragon, dan Misano.

Pembalap yang akan menjadi ayah itu berhasil mengakhiri paceklik usai finis ke-15 pada MotoGP Americas dan berhak atas satu poin.

5 Rekor di MotoGP Americas 2021: Francesco Bagnaia Ulang Kejayaan Valentino Rossi

MotoGP Americas 2021: Cerita Francesco Bagnaia, Motor Sempat Bermasalah Sebelum Pole Positions

&
Artikel Asli