7 Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

inewsid | Olahraga | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 16:07
7 Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

JAKARTA, iNews.id - Olahraga acap kali dilakukan untuk menurunkan berat badan yang dirasa sudah berlebih. Namun, ternyata adapula olahraga yang difungsikan untuk menaikkan berat badan.

Baik menurunkan atau menaikkan berat badan, olahraga sejatinya berguna untuk mendapatkan tubuh yang proporsional. Bagi mereka yang bertubuh kurus, olahraga kerap dipandang akan membuat badan semakin jauh dari kata ideal.

Namun, rupanya ada beberapa olahraga yang membantu menaikkan berat badan. Bonusnya, jika dilakukan secara rutin dan sesuai porsi, badan bisa lebih sehat, bugar, dan jauh dari penyakit.

Lantas, apa saja olahraga yang bisa menaikkan berat badan dengan cepat dan mudah? Dikutip dari berbagai sumber, berikut uraiannya:

7. Renang

Kolam renang jadi salah satu fasilitas di rumah mewah Paul Pogba. (Foto: The Sun)
Berenang selain bisa mendinginkan suhu tubuh konon juga mampu membakar lemak karena banyak bagian tubuh yang digerakkan. (Foto: The Sun)

Kegiatan renang termasuk olahraga yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Jika dilakukan secara berkala, olahraga ini bisa berguna untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan dengan cepat dan sangat mudah untuk dilakukan.

Renang disebut sebagai olahraga yang efektif bagi orang yang ingin menggemukkan badan. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat bagi sistem pernapasan, fungsi jantung dan membentuk massa otot dalam tubuh.

6. Bersepeda

Ditlantas Polda Metro Jaya menyampaikan imbauan agar pesepeda melaju sesuai jalur di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). (Foto: Instagram @TMCPoldaMetro)
Pesepeda melintas di jalanan pusat Ibu Kota Jakarta. (Foto: Instagram @TMCPoldaMetro)

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang familiar di masyarakat. Akan tetapi, sebenarnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kegiatan mengayuh di dalam olahraga bersepeda akan membantu mengencangkan otot di bagian paha dan betis. Semakin kencang otot tubuh, semakin banyak juga massa pada ototnya dan tentu saja hal ini bisa berguna untuk menaikkan berat badan.

5. Zumba

Para instruktur senam saat menggelar zumba berkebaya secara virtual dalam rangka memperingati Hari Ibu, Selasa (22/12/2020). (Foto:ist)
Para instruktur senam saat menggelar zumba berkebaya secara virtual dalam rangka memperingati Hari Ibu, Selasa (22/12/2020). (Foto:ist)

Kegiatan olahraga zumba biasanya dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak banyak yang mengetahui kegiatan ini dapat menaikkan berat badan karena membantu membentuk massa otot.

Gerakan dalam zumba dapat membantu untuk membentuk tubuh dan tentu saja menguras energi. Karena itu, energi yang keluar akan tergantikan oleh asupan nutrisi seimbang yang tentu saja menyehatkan tubuh dan menaikkan berat badan.

4. Angkat Beban

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli, tubuhnya lebih berbentuk berkat olahraga yang dia geluti. (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)
Atlet angkat beban Indonesia, Eko Yuli, Irawan tubuhnya lebih berbentuk berkat olahraga yang dia geluti. (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)

Angkat Beban bisa menjadi alternatif paling efektif untuk menaikkan massa tubuh. Pasalnya, olahraga ini berfokus pada pembentukan otot di seluruh bagian tubuh, terkhusus di lengan.

Selain itu, olahraga ini juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup demi menunjang massa otot. Karenanya, olahraga ini bisa menjadi penambah berat badan dalam waktu singkat.

3. Push Up

Warga Simalungun yang kedapatan tak memakai masker dihukum push up 10 kali. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)
Ilustrasi wanita melakukan push up. Jika rutin, massa otot akan bertambah di bagian triceps dan biceps. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

Push up merupakan olahraga yang paling murah dan bisa dilakukan dari rumah. Olahraga ini ternyata bisa menambah berat badan jika dilakukan secara berkala dan diimbangi asupan makanan yang cukup.

Sebab, dengan melakukan push up, massa pada otot akan bertambah dan tentu saja menambah berat badan. Olahraga ini juga sangat mudah dilakukan bagi semua kalangan.

2. Sit Up

Prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy) memeragakan sit up. (Foto: Wikimedia Commons)
Prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy) memeragakan sit up. (Foto: Wikimedia Commons)

Sit up menjadi olahraga selanjutnya yang bisa menjadi alternatif murah meriah untuk menambah berat badan. Pasalnya, olahraga ini bisa dilakukan di manapun termasuk di rumah.

Jika dilakukan secara rutin dan diimbangi asupan nutrisi yang cukup, olahraga ini bisa menjadi kegiatan yang menambah massa otot. Terlebih, olahraga ini dapat mengencangkan otot punggung agar lebih padat.

1. Squat

Georgina Rodriguez melakukan olahraga squat untuk mengencangkan bokong dan area di sekitarnya. (Foto: The Sun)
Kekasih pesepak bola Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez gemar melakukan olahraga squat untuk mengencangkan bokong dan area di sekitarnya. (Foto: The Sun)

Sama seperti push up dan sit up, ternyata olahraga squat juga dapat menambah berat badan. Selain itu, olahraga ini termasuk murah meriah dan bisa dilakukan di mana saja.

Melakukan squat bisa menjaga metabolisme tubuh dan menambah massa otot di bagian boking, paha, dan area sekitarnya. Tambahan massa otot dengan olahraga squat tentu harus diimbangi dengan asupan nutrisi dan gizi yang cukup.

Artikel Asli