Senggol Jack Miller di MotoGP AS 2021, Joan Mir Kena Hukuman Penalti

inewsid | Olahraga | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 14:39
Senggol Jack Miller di MotoGP AS 2021, Joan Mir Kena Hukuman Penalti

AUSTIN, iNews.id Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir mendapatkan hukuman penalti penurunan posisi usai balapan MotoGP Amerika Serikat (AS) 2021, Senin (4/10/2021). Terlibat insiden dengan pembalap tim Ducati Lenovo, Jack Miller, menjadi penyebabnya.

Joan Mir berhasil menuntaskan balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) pada posisi ketujuh. Namun, sebelum menyelesaikan balapan, Joan Mir terlibat insiden dengan Jack Miller di tikungan ke-15.

Insiden tersebut terjadi pada lap terakhir. Pada tikungan ke-15, Jack Miller disalip dari sisi dalam oleh Joan Mir. Motor Joan Mir pun menyenggol Jack Miller sampai keluar lintasan dan membuatnya tersalip pembalap lain sampai turun menempati urutan kedelapan.

Kejadian itu lantas mengundang reaksi kesal Jack Miller. Dalam tayangan video terlihat Jack Miller dan Joan Mir melakukan interaksi. Terlihat gesture Jack Miller tampak kesal sambil memegang helm Joan Mir.

Atas insiden tersebut, race director telah menjatuhkan hukuman kepada Joan Mir. Pembalap asal Spanyol itu dikenakan hukuman penalti penuruan posisi balapan. Alhasil, Joan Mir yang berhasil finis posisi ketujuh harus bertukar dengan Jack Miller yang finis pada urutan kedelapan. Hasilnya kedua pembalap tersebut menukar posisi finisnya.

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (Foto: Twitter @JoanMirOfficial)
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (Foto: Twitter @JoanMirOfficial)

Sementara itu, Marc Marquez telah keluar sebagai pemenang pada gelaran MotoGP AS 2021. Pembalap asal Spanyol itu berhasil mendapatkan podium keduanya pada MotoGP musim ini.

Sedangkan pemuncak klasemen sementara MotoGP musim ini yaitu Fabio Quartararo sukses finis pada posisi kedua. Lalu di urutan ketiga ditempati pembalap yang tengah impresif yakni Francesco Bagnaia.

Kini klasemen MotoGP musim ini masih dipimpin oleh Quartararo dengan perolehan 254 poin. Sementara, rival terdekatnya Pecco sapaan akrab Bagnaia- berada diperingkat kedua dengan perolehan 202 poin.

Artikel Asli