Hasil MotoGP San Marino 2021: Tampil Sempurna, Franceco Bagnaia Berpesta di Misano

skor.id | Olahraga | Published at Minggu, 19 September 2021 - 20:05
Hasil MotoGP San Marino 2021: Tampil Sempurna, Franceco Bagnaia Berpesta di Misano

SKOR.id --Balapan ke-14 MotoGP 2021, GP San Marino, baru saja tuntas digelar di Sirkuit Misano pada Minggu (19/9/2021).

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang start dari pole position berhasil menjadi pembalap pertama yang melintasi bendera finis.

Pembalap asal Italia itu berhasil mengatasi perlawanan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang terus memberi tekanan hingga lap terakhir.

Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia selaku pole sitter berhasil melakukan start sempurna. Ia langsung melejit dan membuka jarak dengan rombongan di belakang.

Sementara itu, duel sengit terjadi antara Jack Miller dan Fabio Quartararo untuk perebutan tempat kedua. Tepat di belakang mereka ada Marc Marquez yang naik tiga setrip.

Akan tetapi, Marc Marquez harus kehilangan posisi keempat setelah dilewati Jorge Martin di lintasan lurus grand stand Sirkuit Misano.

Jorge Martin pun melanjutkan penampilan impresifnya. Kini, ia mengancam posisi Fabio Quartararo yang menduduki peringkat ketiga.

Sial bagi Jorge Martin, ia justru mengalami crash di tikungan ke-14 saat balapan baru memasuki lap ketiga yang membuatnya tercecer di peringkat buncit.

Musibah yang dialami Martinator menjadi berkah bagi para pembalap yang ada di belakangnya, termasuk Marquez.

Namun, The Baby Alien lagi-lagitampak tak berdaya meladeni kekuatan para penunggang motor Desmosedici buatan Ducati.

Kali ini, Marc Marquez harus kehilangan posisi keempat dari Enea Bastianini pada lap keenam. Rider tim Avintia Esponsorama tersebut memakai motor Desmosedici GP19.

Setelah itu, persaingan tiga rombongan terdepan MotoGP San Marino 2021 bergulir kondusif. Bagnaia masih memimpin dengan keunggulan sekitar dua detik dari pesaing terdekat.

Tepat di belakang Bagnaia ada Miller dan Quartararo yang berebut peringkat kedua. Mereka berjarak sekitar dua detik dari rombongan ketiga yang diisi Bastianini, Marquez, dan Rins.

Balapan memasuki lap ke-14, perubahan posisi akhirnya kembali terjadi. Quartararo berhasil mengambil alih peringkat kedua dari tangan Miller.

Tak berselang lama, perubahan posisi juga terjadi di rombongan ketiga kala Rins sukses meng-overtake posisi Marquez di peringkat kelima.

Akan tetapi, Alex Rins tak bisa bertahan lama usai terjatuh kala balapan tersisa 10 lap. Posisi kelima pun kembali jadi milik Marc Marquez meski Aleix Espargaro terus menempel.

Kembali ke barisan terdepan. Quartararo yang berada di peringkat kedua perlahan mulai dapat memangkas jaraknya dengan Bagnaia.

Hal yang sama terjadi di belakang mereka. Bastianini yang berulang kali membukukan best lap race berhasil memperkecil gap dengan Miller di tempat ketiga.

Bastianini pun sukses mengambil posisi ketiga dari tangan Miller lewat manuver overtake yang dilakukan di Tikungan 13 pada lap ke-19.

Sementara itu, duel sengit antara Bagnaia dan Quartararo untuk perebutan posisi pertama terus berlangsung hingga lap terakhir.

Quartararo yang saat itu tinggal berjarak kurang dari setengah detik terus memberi tekanan kepada Bagnaia.

Akan tetapi, Bagnaia mampu menjaga keunggulan yang dimiliki hingga akhirnya melintasi bendera finis sebagai pemenang.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu menuntaskan balapan 27 lap dalam waktu 41 menit 48,305 detik alias unggul 0,364 detik dari Quartararo yang finis kedua.

Sedangkan peringkat ketiga MotoGP San Marino 2021 tetap menjadi milik Bastianini yang unggul sekitar lima setengah detik dari rombongan di belakangnya.

Kembali ke MotoGP, Begini Catatan Nostalgia Andrea Dovizioso dengan Yamaha pada 2012

&

Artikel Asli