5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia, 2 di Antaranya Kebanggaan Indonesia

inewsid | Olahraga | Published at Minggu, 19 September 2021 - 20:00
5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia, 2 di Antaranya Kebanggaan Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Di balik kesuksesan setiap pebulu tangkis hebat, pasti ada sosok pelatih yang bekerja tanpa lelah. Pelatih dan pemain berbagi satu tujuan yakni menggapai impian demi meraih prestasi bersama.

Selain sebagai salah satu pencetak atlet bulu tangkis terbaik, Indonesia juga dikenal memproduksi pelatih berkualitas internasional. Dari lima nama yang sudah dihimpun iNews.id, bahkan dua diantaranya masuk dalam jajaran pelatih terbaik dunia.

Siapa saja lima pelatih bulu tangkis yang pernah atau sedang menyandang predikat terbaik kelas dunia? Berikut ulasannya:

5. Li Yongbo (China)

Kualitas Li Yongbo sebagai pelatih sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Bagaimana tidak, Li Yongbo merupakan sosok yang berandil besar dalam kebangkitan Tim Bulu tangkis China yang berhasil mendominasi dalam setiap pertandingan BWF (Badminton World Federation).

Selama berkiprah sebagai pelatih, China berkembang dan memenangkan turnamen besar termasuk Piala Sudirman, Piala Thomas, Piala Uber, dan medali emas Olimpiade di semua sektor bulu tangkis. Meskipun dalam kepelatihan, Li Yongbo terbilang cukup otoriter, tapi tampaknya cara tersebut sangat berhasil.

Terbukti, berkat tangan dingin serta sifat otoriternya, Li Yong Bo sukses membawa tim bulu tangkis China sapu bersih di semua sektor di ajang Olimpiade London tahun 2012 lalu. Namun sayangnya di puncak kariernya sebagai pelatih, Li Yongbo memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2017.

Setelah mengumumkan pengunduran dirinya di kursi pelatih meninggalkan luka tersendiri bagi tim bulu tangkis China. Hal tersebut yang membuat dampak penurunan performa dalam beberapa tahun terakhir.

4. Rexy Mainaky (Indonesia)

Masih ingat dengan sosok Rexy Mainaky? Dia pebulu tangkis legendaris Indonesia yang pernah menyabet medali emas di Olimpiade Atlanta 1996. (Foto: Instagram/rexy9601)
Masih ingat dengan sosok Rexy Mainaky? Dia pebulu tangkis legendaris Indonesia yang pernah menyabet medali emas di Olimpiade Atlanta 1996. (Foto: Instagram/rexy9601)

Rexy Mainaky dianggap sebagai salah satu pelatih ganda putra terbaik. Rexy pernah beberapa kali mengisi kekosongan kursi kepelatihan di beberapa negara sebut saja di antaranya tim bulu tangkis Inggris, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Indonesia.

Dari hasil tangan dingin Rexy di sejumlah negara telah menghasilkan satu medali perunggu untuk Inggris, dua medali perak Olimpiade untuk Malaysia dan berhasil membawa tim bulu tangkis Thailand untuk pertama kalinya menembus final Piala Uber.

Tidak mengherankan jika Rexy Mainaky masuk ke dalam jajaran pelatih terbaik di dunia. Mengingat, Rexy merupakan pelatih yang cepat beradaptasi dengan lingkungan serta jam terbang yang dimilikinya sebagai pelatih di seluruh negara.

3. Park Joo Bong (Korea Selatan)

Tidak diragukan lagi Park Joo Bong adalah salah satu wajah paling terkenal di dunia bulu tangkis saat ini terutama pada tim bulu tangkis Jepang. Park Joo Bong merupakan sosok di balik kebangkitan buulutangkis Jepang.

Berkat tangan dingin pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut, telah membawa sederet nama pemain bulu tangkis Jepang ke dalam jajaran top 10 besar dunia di semua sektor. Tak tanggung-tanggung berkat gemblengan Park Joo Bong, Jepang berhasil memenangkan kemenangan untuk pertama kalinya di Piala Thomas tahun 2014 lalu.

2. Pullela Gopichand (India)

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pullela Gopichand (@gopichandpullela)

Pullela Gopichand merupakan sosok pelatih di balik keberhasil Tim Nasional Bulu tangkis India. Bahkan, dia berhasil memperkenalkan bulu tangkis sebagai olahraga populer kedua di India setelah kriket.

Berkat kejeniusannya dalam melatih atlet bulu tangkis di India, Gopichand telah menciptakan sejumlah monster hebat sebut saja peraih medali perak Kejuaraan Dunia Bulu tangkis yaitu Pusarla V. Sindhu, Srikant Kidambi, Parupalli Kashyap, Saina Nehwal, Prannoy dan masih banyak lagi lainnya.

1. Herry Iman Pierngadi (Indonesia)

Nama Herry Iman Pierngadi -biasa disapa Herry IP- sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta bulu tangkis dunia khususnya Indonesia. Herry bisa dibilang pelatih ganda putra paling berpengalaman di dunia saat ini.

Tidak mengherankan, dari hasil tangan dingin serta kejeniusannya, Herry berhasil menciptakan sederet pasangan monster ganda putra Indonesia yang disegani oleh lawan. Sebut saja, Chandra Wijaya/Tony Gunawan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan paling anyar adalah Kevin Sanjaya Sukomulyo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kemampuannya untuk menemukan solusi taktis sebagai pelatih yang tampaknya mustahil selama pertandingan telah membuatnya mendapatkan pujian dari banyak pakar bulu tangkis dan sesama pelatih di seluruh dunia.

Artikel Asli