Satu Wakil Provinsi NTB Dipastikan Berlaga di Liga 3

lombokpost | Olahraga | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:15
Satu Wakil Provinsi NTB Dipastikan Berlaga di Liga 3

MATARAM -PSSI Pusat memastikan satu tim dari setiap provinsi akan mengikuti Liga 3 Nasional. Keputusan ini disampaikan dalam workshop Liga 3 yang digelar PSSI Pusat bersama seluruh Asprov PSSI, Selasa (14/9). Jadi, yang sudah pasti masuk Liga 3 Nasional sebanyak 34 tim, sebut Direktur Kompetisi Asprov PSSI NTB Agus Sukamayadi, kemarin. (15/9).

Tim yang lolos ini juara dari Liga 3 provinsi. Sedangkan 30 tim tambahan lainnya akan ditentukan melalui nilai koevisien. Seperti dari jumlah tim peserta Liga 3 provinsi, durasi kompetisi, dan registrasi pemain secara online. Kita belum bisa pastikan kuota tiap provinsi di luar yang 34 tadi. Bisa saja ada provinsi yang bisa mengirimkan lebih dari satu tim, katanya.

Agus menjelaskan tim yang menjadi peserta Liga 3 sudah terdaftar sebagai anggota Asprov PSSI dan calon anggota Asprov PSSI. Sementara calon anggota adalah klub yang sudah mendapatkan persetujuan di Kongres Asprov PSSI. Namun sedang dalam proses persetujuan di PSSI Pusat.

Lebih lanjut, dia mengatakan, PSSI Pusat sekarang juga lebih fokus ke pembinaan U-17. Khususnya kompetisi Piala Soeratin U-17. Ada perubahan aturan dalam penentuan peserta Piala Soeratin U-17 ini. Yaitu peserta adalah anggota Asprov PSSI dan calon anggota Asprov PSSI.

Harus ditekankan seperti ini karena tim U1-7 yang terpilih nanti akan menjadi calon timnas yang turun di piala dunia U-20, jelasnya.

Untuk memonitoring kompetisi U-17 di tiap provinsi, PSSI Pusat akan menerjunkan direktur teknik. Mereka nantinya akan melihat langsung melihat putaran empat besar di tiap provinsi. Sedangkan untuk Piala Soeratin U-15 dan U-13, pesertanya adalah SSB yang sudah terafiliasi dan datanya sudah ada di Asprov PSSI. Untuk Piala Soeratin akan dituntaskan November. Sedangkan Liga 3 Provinsi pada Desember, tambah dia. (puj/r8)

Artikel Asli