4 Tips Elga Kharisma untuk Pemula yang Ingin Tekuni Olahraga Ekstrem

skor.id | Olahraga | Published at Kamis, 16 September 2021 - 09:00
4 Tips Elga Kharisma untuk Pemula yang Ingin Tekuni Olahraga Ekstrem

SKOR.id - Salah satu pembalap sepeda andalan Indonesia, Elga Kharisma Novanda, membeberkan perjuangan untuk jadi seorang atlet.

Dalam wawancara dengan Skor.id, belum lama ini, atlet dengan spesialisasi BMX itu menyebut semangat pantang menyerah wajib dimiliki.

Haltersebut karena banyaknya rintangan yang harus dilalui seorang atlet untuk bisa meraih prestasi hingga ke ajang olahraga internasional.

Tak hanya dari segi fisik seperti latihan yang keras, melainkan juga stigma di masyarakat soal perempuan dan olahraga ekstrem.

Namun, itu tak membuat Elga Kharisma, kecil hati. Tekadnya untuk mengharumkan nama Indonesia juga menjadi semakin bulat.

Kolektor tiga medali emas SEA Games itu pun memberikan tips-tips untuk kaum hawa yang ingin menggeluti olahraga ekstrem.

1. Teguhkan niat dan jiwa pemberani

Atlet yang menekuni BMX sejak 2006 itu menyebut langkah awal untuk pemula yang ingin menggeluti olahraga ekstrem adalah keteguhan niat dan berani.

Menurutnya, untuk jadi atlet balap sepeda, harus mempunyai jiwa pemberani karena olahraga yang satu ini memiliki risiko yang relatif tinggi.

Tak jarang dirinya luka-luka atau terkilir saat latihan. Tapi, ia menyakini, jika dilakukan dengan aman, olahraga ekstrem ini bisa dilakukan siapapun.

2. Optimis dan percaya diri

Setelah memiliki keberanian, Elga Kharisma menyarankan Skorer yang ingin jadi atlet olahraga ekstrem, untuk tumbuhkan optimisme dan percaya diri.

Banyak teknik yang harus dikuasai dan itu tak mudah untuk dilakukan. Jadi, sangat dibutuhkan kerja keras dan sikap optimis untuk bisa melaluinya.

Cara lainnya adalah disiplin berlatih dan rutin melakukan evaluasi agar mereka yang ingin menjadi atlet ini mengetahui batas kemampuan masing-masing.

3. Jangan cepat puas

Pesepeda asal Malang itu juga mengatakan, untuk menjadi seorang atlet, khususnya BMX, tak boleh cepat merasa puas.

Jika seseorang cepat puas dengan hasil yang didapat, akan sulit untuk berkembang. Di sisi lain, lawan-lawan terus meng-upgrade kemapuan.

4. Rendah hati

Terakhir, Elga Kharisma berharap semua atletmemiliki sikap rendah hati. Ini karena kesuksesan seorang atlet, bukan hanya karena dirinya sendiri.

Ada banyak faktor yang bisa membuat seorang atlet menjadi sukses seperti pelatih, pengurus cabang olahraga, pemerintah, hingga penggemar.

Wawancara Eksklusif Elga Kharisma: Saya Selalu Dapat Jalan untuk Lanjutkan Karier di Sepeda

&
Artikel Asli