Mengenal Senam Jantung, Berbagai Gerakan dan Manfaatnya

skor.id | Olahraga | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:30
Mengenal Senam Jantung, Berbagai Gerakan dan Manfaatnya

SKOR.id - Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar kapalan tangan. Organ tersebut berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, jika terdapat masalah pada jantung dapat menimbulkan hal yang fatal.

Istilah penyakit jantung juga kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Kondisi yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung seperti penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, gangguan detak (irama) jantung, dan juga cacat jantung bawaan.

Penyakit ini umumnya mengacu pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

Untuk itu, diperlukan berbagai penanganan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain berkonsultasi ke dokter, kita juga dapat melakukannya saat berada di rumah.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan melakukan senam jantung.

Senam jantung sehat adalah senam yang dapat membuat detak jantung lebih cepat dan tubuh lebih berkeringat.

Peran utama senam jantung sehat adalah meningkatkan fungsi jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat senam jantung

Sesuai dengan namanya, senam jantung bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dengan rutin berolahraga Anda dapat memelihara kesehatan jantung.

Ini juga berlaku pada orang yang sakit jantung untuk menekan munculnya gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada maupun sesak napas.

Senam jantung dapat membantu memperkuat otot jantung, mencegah kerusakan pada pembuluh arteri akibat kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Gerakan senam jantung

Senam jantung dibagi menjadi gerakan senam aerobik atau kardio dasar. Gerakannya bervariasi mulai dari intensitas ringan, menengah, hingga berat.

Berikut ini merupakan gerakan yang dapat digunakan dalam senam jantung

1 Jogging di tempat

jogging di tempat merupakan cara mudah untuk meningkatkan detak jantung. Gerakan ini juga cocok untuk mengawali rangkaian gerakan senam jantung.

Gerakan ini dilakukan selama 3060 detik. Jika terasa membosankan, Anda bisa melakukan variasi gerakan dengan mengangkat lutut kearah dada, menendang kearah bokong, atau melebarkan lutut.

2 Jumping Jacks

Selanjutnya, Anda dapat melakukan jumping jacks. Gerakan ini dilakukan dengan melompat sambil membuka kaki lebar dengan lengan menepuk di atas kepala.

Adapula variasi dengan memulai gerakan ini dari posisi setengah jongkok.

3 Squat Jump

Gerakaninidimulai dengan berdiri tegak, kemudian berjongkok dengan bokong ke belakang seperti akan duduk dan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat.

Selanjutnya, lompat dan mendaratlah dengan posisi jongkok seperti semula. Lakukan gerakan ini secukupnya secara berulang.

4 Gerakan memanjat

Gerakan ini seperti gerakan mendaki gunung. Ini termasuk ke dalam gerakan senam yang cukup intens.

Jika Anda baru mencoba gerakan ini, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan kecepatan secara bertahap.

Cara dengan memosisikan tubuh seperti akan push-up , dengan kedua siku dalam posisi lurus. Pastikan punggung dalam posisi lurus. Setelah itu, angkat bokong Anda, kemudian angkat lutut ke arah dada secara bergantian.

5. Burpees

Gerakanini merupakan gabungan dari gerakan squat jump dan push-up .

Langkah pertama, berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka selebar bahu. Setelah itu, jongkok dan letakkan tangan di lantai, kemudian luruskan kaki ke belakang dan lakukan satu push-up.

3 Bahan Herbal untuk Mengatasi Rambut Rontok, Ada Tanaman Liar

&
Artikel Asli