8 Kesalahan yang Dilakukan saat Diet Vegetarian

skor.id | Olahraga | Published at Kamis, 16 September 2021 - 05:30
8 Kesalahan yang Dilakukan saat Diet Vegetarian

SKOR.id - Menjalani diet vegetarian memang punya banyak keuntungan, selama itu dilakukan dengan benar. Masalahnya, banyak orang melakukan kesalahan fatal saat menjalankan diet vegetarian.

Dalam beberapa tahun terakhir,tak sedikitorang memutuskan untuk mengurangi konsumsi daging, khususnya daging merah.

Bahkan banyak pelaku diet vegan ini yang akhirnya memutuskan diet vegetarian alias sama sekali tidak makan olahaan daging.

Asosiasi Ahli Diet Amerika Serikat pada 2009 menyatakan bahwa pola makan vegetarian yang direncanakan dengan benar adalah pola makan yang sehat, bergizi cukup, dan dapat memberikan manfaat kesejatan serta mencegah penyakit.

Untuk dapat memaksimalkan manfaat dari diet vegetarian, berikut ini adalah kesalahan yang perlu dihindari:

1. Kurang protein

Asupan protein sangat diperkukan karena memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh. Terlepas dari jumlah total yang direkomendasikan, tergantung berat badan dan aktivitas masing-masing, penting untuk memperhatikan seberapa sering asupan protein masuk ke dalam tubuh.

Karena itulah, protein bisanya disarankan untuk tetap dikonsumsi 2 samai 3 kali sehari-hari. Di setiap sesi, butuh masing-masing 25 hingga 30 gram protein.

Beberapa sumber protein utama dalam diet vegetarian memiliki kualitas yang sma dengan hewan.

2. Sedikit buah dan sayur

Salah satu kesalahan yang umum dialami para pelaku diet vegetarian adalah mengonsumsi makanan rendah kalori.

Banyak sekali produk makanan vegan olahan, padahal pilihan terbaik untuk diet vegetarian adalah yang memperkenalkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan.

Ketika menjalani diet vegetarian, maka itu adalah kesempatan sempurna untuk memperkenalkan makanan segar dan kaya nutrisi sebagai dasar pola makan.

4. Abai pada nutrisi saat diet

Para ahli sepakat bahwa diet vegetarian yang terencana dan seimbang tidak harus berujung defisiensi nutrisi. Namun, banyak nutrisi yang perlu diperhatikan, antara lain asam lemak omega, seng, yodiumkalsium. Semua bahan tersebut mudah dicari dalam kehidupan sehari-hari.

5. Minum vitamin B12

Vitamin B12 dapat ditemukan di makanan daging seperti ading merah, ikan, telur dan unggas. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan beberapa masalah seperti megaloblastic anemia. Kurang vitamin B12 juga dapat menyebabkan kulit kusam, depresi, pusing, hingga penurunan lainnya.

6. Menganggap jus sayur sebagai pengganti susu.

Minuman yang berasal dari tumbuhan biasanya digunakan sebagai penganti susu. Padahal protein sangat dibutuhkan untuk tubuh, karena memiliki banyak manfat. Karena itulah, kandungan lain seperti kalsium, fosfor atau protein harus disediakan dengan makanan lain.

7. Merasa semua makanan cocok untuk vegan

Banyak sekali makanan atau minuman lezat dijual di resto-resto ternama juga supermarket. Namun faktanya makanan berbahan sadar tumbuhan belum tentu sehat.

Produk-produk siap saji ini biasanya mengantung lemak kualitas buruk, gula, garam dan pewarna mekanan. Karena itulah,makananolahan ini tidak baik dikonsumsi jika sedang menjalani program diet.

8. Menu makanan yang sama

Tidak membuat variasi menu makanan adalah salah satu kesalahan utama dalam diet. Itu sebabnya, banyak yang menyerah di tengah jalan dengan diet ini. Makanan bisa divariasikan agar tidak membosankan.

4 Olahraga Rutin Brie ''Captain Marvel'' Larson demi Dapatkan Six-Pack

&
Artikel Asli