5 Cara Simpel Mengatasi Rambut Rontok, Tak Harus ke Dokter

skor.id | Olahraga | Published at 15/09/2021 15:00
5 Cara Simpel Mengatasi Rambut Rontok, Tak Harus ke Dokter

SKOR.id - Bagi sebagian orang, rambut rontok adalah masalah yang cukup mengganggu.

Padahal, kerontokan rambut sebenarnya adalah hal yang biasa dialami manusia. Sebab, setidaknya 50-100 helai rambut rontok setiap harinya.

Namun, jika jumlahnya terlihat berlebihan dan terjadi terus-menerus maka kondisi ini patut mendapat perhatian lebih.

Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk mengurangi rambut rontok, tidak harus selalu dengan berkonsultasi dengan dokter.

Hanya saja, jika kondisi memburuk hingga berujung pada kebotakan maka tindakan dari para dokter sangat diperlukan.

Dilansir dari halodoc , berikut beberapa cara yang bisa dilakukan Skorer untuk mengurangi risiko rambut rontok.

1. Hindari keramas berlebihan

Banyak orang menganggap keramas adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Pendapat ini tidak sepenuhnya tepat.

Justru, keramas adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut apalagi jika sampo yang digunakan tidak cocok.

Tak hanya itu, proses keramas dengan menggosok rambut dan kulit kepala terlalu keras juga dapat memperparah gejala kebotakan.

Dianjurkan pula untuk melakukan pengeringan rambut dengan cara yang tepat usai keramas. Hindari menggunakan pengering rambut dengan suhu terlalu panas.

Menggosok handuk terlalu kencang juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut mudah rontok.

2. Rutin mengonsumsi makanan sehat

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang memerlukan pemenuhan nutrisi dan gizi agar bertumbuh dengan baik.

Ada beberapa makanan yang membuat rambut tubuh lebih cepat, yakni telur, buah beri, bayam, serta alpukat. Keempatnya mengandung nutrisi yang bagus bagi rambut.

Namun, perlu juga mengonsumsi berbagai makanan sehat lainnya agar pertumbuhan dan kesehatan rambut dapat terjaga dengan baik.

3. Gunakan sisir yang tepat

Sering disepelekan, penggunaan sisir ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan rambut terutama untuk mengurangi kerontokan.

Penggunaan sisir atau sikat rambut yang lembut membantu mengingkatkan kadar sebum yang sehat pada rambut.

Untuk hasil maksimal, lakukan penyisiran atau penyikatan rambut dengan lembut ke satu arah dari bagian kulit kepala hingga ujung rambut.

Kebiasaan sederhana ini membantu Skorer untuk menghaluskan rambut serta mengatasi rambut rontok, terlebih bila dilakukan setiap hari.

4. Gunakan masker rambut dengan bahan alami

Untuk melakukan perawatan rambut, tidak selalu harus dengan pergi ke salon. Salah satu cara yang bisa dilakukan di rumah adalah menggunakan masker rambut berbahan alami.

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut. Kandungan asam lauratnya dapat mengikat protein di rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.

Selain itu, bisa juga digunakan minyak zaitun untuk menjaga kelembapan rambut. Cara menggunakannya pun mudah, yakni dengan mengoleskannya ke rambut sambil dipijat-pijat.

Memijat kulit kepala bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Setelah dipijat, diamkan 30 menit dan bilas masker dengan air bersih.

5. Kunjungi dokter saat gejala rambut rontok memburuk

Jika rambut rontok dialami dengan gejala munculnya kemerahan pada area kulit kepala, ketombe, hingga kerontokanrambut di bagian tubuh lain maka disarankan untuk mengunjungi dokter.

Perlu diingat untuk selalu melindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari dan asap rokok, karena kedua hal tersebut bisa memperburuk kondisi rambut.

3 Manfaat Penting Olahraga bagi Orang Lanjut Usia

4 Kombinasi Air dan Buah yang Lezat dan Menyehatkan, Layak Dicoba

&
Artikel Asli