Gerakan Olahraga Sederhana untuk Mengatasi Sembelit

indosport.com | Olahraga | Published at 15/09/2021 06:06
Gerakan Olahraga Sederhana untuk Mengatasi Sembelit

INDOSPORT.COM Selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sembelit.

Dengan gerakan olahraga, bisa merangsang kinerja otot-otot daka usus, sehingga membantu feses untuk bergerak keluar dengan cepat.

Melansir Every Day Health, ada rekomendasi beberapa gerakan olahraga untuk mengatasi sembelit yang sering kali datang.

1. Kardio

gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan pernapasan, detak jantung dan merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Olahraga kardio contohnyazumba, jogging, bahkan berjalan cepat.

Pertama lakukan pemanasan dengan berjalan biasa selama 5 menit. Lalu selama 30 menit berjalanlah dengan tempo yang cepat. Terakhir, ketika mendekati menit ke 30, kurangi kecepatan berjalan sambil melakukan stretching.

Sekiranya tak sanggup melakukan hingga 30 menit berjalan cepat, lakukan dalam waktu 10-15 menit berjalan cepat beberapa kali dalam sehari.

2. Yoga

Beberapa pose yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan untuk bisa menstimulasi pergerakan pada usus. Beberapa gerakan Yoga yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:

  • Pose cat and cow

Posisikan diri seperti bayi yang sedang merangkak. Lalu telapak tangan dan lutut menempel di matras atau lantai. Ketika pose cat lakukan pembuangan napas. Sedangkan ketika sedang pose cow lakukan penarikan napas.

Ulangi gerakannya bergantian cat, cow, cat, cow, dan seterusnya hingga 10 kali tiap pose.

  • Wind relieving pose

Berbaringlah di atas matras. Tekuk kedua kaki ke atas dada. Peluk kedua kaki dengan tangan. Tahan beberapa menit. Anda juga bisa melakukannya dengan posisi kaki bergantian. Satu diluruskan, satu ditekuk sambil dipeluk dan tahan selama 30 detik.

Caranya, berbaringlah di atas matras. Pertama, tekuk kaki seperti pose wind relieving dengan satu kaki. Kedua, dorong kaki yang ditekuk ke sisi sebrangnya.

Jika kaki kanan yang ditekuk, maka didorong ke kiri dan tahan di pose ini. Posisi bahu harus tetap menempel matras. Hanya kaki yang berpindah.

Artikel Asli