Verstappen Gagal Finis, McLaren Finis Satu-Dua di Monza

koran-jakarta.com | Olahraga | Published at 14/09/2021 01:56
Verstappen Gagal Finis, McLaren Finis Satu-Dua di Monza

MONZA - Insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap Red Bull, Max Verstappen dan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton membuka jalan bagi pebalap McLaren, Daniel Ricciardo, untuk memenangkan Grand Prix (GP) Italia, Minggu (12/9).

Hamilton sendiri terselamatkan dari kecelakaan oleh perangkat keselamatan pada mobilnya. Verstappen yang memimpin di puncak klasemen dengan unggul lima poin atas Hamilton harus menjalani penalti tiga grid di Grand Prix Russia dua pekan mendatang karena perannya dalam kecelakaan yang menakutkan tersebut.

Ricciardo melewati Verstappen yang menduduki posisi terdepan di awal. Verstappen sempat memimpin diikuti Riciardo dan rekan setimnya di McLaren, Lando Norris. Riciardo dan Norris akhirnya memenangkan balapan diikuti pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.

Ini adalah kemenangan pertama tim Inggris itu sejak 2012 dan finis satu-dua untuk kali pertama dalam 11 tahun.

Jalan Ricciardo untuk meraih kemenangan pertamanya sejak Monaco 2018 dipermudah ketika Verstappen mencoba melewati Hamilton yang baru saja bergabung kembali ke trek setelah pit stop pada lap 26. Namun, mobil Verstappen terdorong ke trotoar di tikungan 1 roda belakangnya berguling di atas mobil Mercedes. Beruntung, perangkat keamanan melindungi kepala Hamilton.

Kedua pebalap tergelincir ke gravel dan terpaksa mundur dari balapan. "Saya merasa sangat beruntung hari ini," ujar Hamilton. "Terima kasih Tuhan untuk halo yang menyelamatkan leher saya," sambungnya.

Ricciardo merayakan manisnya kemenangan dengan selebrasi podium khasnya dengan meminum sampanye dari sepatunya. ben/AFP /S-2

Artikel Asli