Rapor Pemain Indonesia di Eropa dan Asia pada Pekan Kedua September 2021

skor.id | Olahraga | Published at 13/09/2021 14:00
Rapor Pemain Indonesia di Eropa dan Asia pada Pekan Kedua September 2021

SKOR.id - Jeda internasional sudah selesai dan tim-tim di Eropa kembali melakoni pertandingan di kompetisi domestik pada pekan kedua September 2021.

Jadwal pertandingan yang kembali, membuat para pemain memiliki harapan mendapat kesempatan tampil untuk membuktikan kualitasnya, termasuk bagi para pemain asal Indonesia yang merumput di Eropa maupun Asia.

Di antara para pemain Indonesia yang merumput di mancanegara, ada yang tengah menanti-nantikan kesempatan menjalani debut di klub yang dibelanya.

Pakan pekan lalu, ada pemain Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk tampil, namun ada pula yang namanya bahkan tidak masuk ke dalam daftar susunan pemain (DSP).

Berikut rapor pemain Indonesia yang merumput di sejumlah klub Eropa dan Asia pada pekan kedua September 2021:

1. Egy Maulana Vikri

Pekan kedua September 2021 menjadi waktu yang baik untuk pemain asal Medan, Sumatra Utara, ini. Egy Maulana Vikri berhasil melakoni debut bersama tim barunya, FK Senica, di Liga Slovakia.

Egy yang mengenakan nomor punggung 17 memang tak memulai debutnya sebagai starter . Ia lebih dulu menjadi pemain yang menghangatkan bangku cadangan.

Namun ketika waktu bermain tiba, ia tak menyia-nyiakannya. Egy Maulana Vikri yang dimasukkan pelatih pada menit ke-59 ingin menunjukkan bahwa ia pantas berada di dalam tim.

Egy memiliki peran cukup besar dalam terciptanya gol semata wayang FK Senica ketika mengalahkan FK Pohronie dengan skor tipis 1-0, Sabtu (11/9/2021) malam waktu setempat.

Ia menciptakan assist pertamanya di Fortuna Liga 2021-2022 sekaligus mengantarkan kemenangan ketiga bagi FK Senica dari tujuh pertandingan yang sudah mereka lakoni.

2. Asnawi Mangkualam

Eks pemain PSM Makassar ini kembali dipercaya pelatih Kim Gil-sik menjadi starter ketika Ansan Greeners bertanding melawan Busan IPark di laga lanjutan K League 2 2021, Minggu (12/9/2021).

Asnawi Mangkualam dimainkan di posisi bek kanan. Dalam laga ini, Asnawi mendapat sorotan setelah pelanggaran yang dilakukannya pada menit ke-47 membuat Busan IPark mendapat hadiah penalti.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Busan IPark untuk unggul lebih dulu. Asnawi akhirnya harus ditarik keluar pada menit ke-60 setelah mengalami cedera hamstring.

Asnawi diganti oleh Kim Jin-rae. Ansan Greeners yang berstatus tuan rumah akhirnya terhindar dari kekalahan setelah Lee Sang-min membobol gawang Busan IPark pada menit ke-75. Laga berkesudahan dengan skor 1-1.

3. Bagus Kahfi

Catatan menit bermain Bagus Kahfi bersama Jong FC Utrecht belum juga bertambah. Ia tercatat baru tampil sekali untuk Jong FC Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Harapan sempat muncul ketika Bagus Kahfi masuk dalam daftar susunan pemain Jong FC Utrecht pada laga menghadapi Jong AZ Alkmaar, Sabtu (11/9/2021) dini hari WIB.

Namun rupanya pelatih Darije Kalezic belum memberinya kesempatan. Pemain berusia 19 tahun itu hanya dibiarkan menjadi penghangat bangku cadangan Jong FC Utrecht.

Laga yang berlangsung di kandang Jong AZ Alkmaar, AFAS Trainingcomplex, Wijdewormer tersebut akhirnya dimenangkan oleh Jong FC Utrecht dengan skor tipis 1-0.

4. Yanto Basna

Kompetisi kasta tertinggi Liga Thailand musim 2021-2022 sudah bergulir hingga pekan kedua, namun pemain asal Indonesia, Yanto Basna belum juga bermain.

Nama pemain asal Sorong, Papua, itu bahkan tak masuk dalam DSP tim PT Prachuap FC dalam dua laga terakhir. Padahal pada musim sebelumnya Yanto Basna cukup sering tampil sebagai starter .

Dari dua laga yang sudah dimainkan, PT Prachuap FC belum pernah meraih poin penuh. Pada laga pertama mereka imbang melawan SCG Muangthong United, sementara Sabtu (11/9/2021) lalu mereka kalah dari Khon Kaen United.

5. Witan Sulaeman

Setelah menjalani debut tidak resminya bersama Lechia Gdansk pada beberapa waktu lalu, Witan Sulaeman sepertinya masih harus bersabar menjalani debutnya di Liga Polandia 2021.

Witan Sulaeman tak masuk dalam DSP Lechia Gdansk ketika kala bertamu ke markas Wisla Krakow pada Minggu (12/9/2021). Laga pekan ketujuh Liga Polandia 2021 itu berakhir dengan skor sama kuat 2-2.

6. Brylian Aldama dan David Maulana

Seperti halnya Witan, pemain muda asal Indonesia lainnya, Brylian Aldama dan David Maulana, juga belum menjalani debutnya bersama tim kasta ketiga Liga Kroasia, NK Poromac 1921.

Setelah meraih kemenangan pada pekan sebelumnya, tim yang dibela Brylian Aldama dan David Maulana akhirnya menelan kekalahan perdana di HNL 3. NK Pomorac dibekuk tuan rumah NK Uljanik dengan skor cukup telak, 0-3.

Rapor Pemain Indonesia di Liga Malaysia pada Pekan Terakhir Agustus 2021

Rapor Pemain Indonesia di Liga Malaysia, Pekan Ketiga Agustus 2021

&
Artikel Asli