Bikin 2 Gol, Striker Persebaya dari Brasil Kaget dengan Ketatnya Liga

jawapos | Olahraga | Published at 13/09/2021 13:45
Bikin 2 Gol, Striker Persebaya dari Brasil Kaget dengan Ketatnya Liga

JawaPos.com- Jose Wilkson menjalani debut dengan sempurna bersama Persebaya Surabaya. Striker asal Brasil itu mencatatkan dua gol. Sekaligus membawa Persebaya menang 3-1 atas Persikabo 1973 (12/9).

Performa Wilkson cukup mengejutkan. Apalagi, ini adalah musim pertamanya bermain di Liga 1. Sejatinya, dia juga sempat terkejut dengan gaya bertahan tim Liga 1 yang oke. Menurut Wilkson, tidak mudah menembus pertahanan lawan. Namun, dia punya cara sendiri.

Klub Liga 1 punya bek yang kuat dan disiplin. Itu membuat striker memiliki sedikit kesempatan. Jadi, kesempatan yang sedikit itu harus benar-benar dimanfaatkan, kata pemain 29 tahun tersebut.

Benar saja, performa Wilkson memang efektif. Pada babak pertama, Wilkson hanya mencatatkan dua tendangan ke arah gawang. Hebatnya, dua tendangan itu mampu menjadi gol.

Catatan debut Wilkson itu lebih bagus ketimbang striker asal Brasil sebelumnya, David da Silva. Pada debutnya musim 2018, Da Silva hanya mampu mencetak satu gol dalam laga kontra Persela Lamongan.

Laga itu juga hanya berakhir imbang 1-1. Pada akhir musim, Da Silva total mampu mencetak 20 gol.

Apakah Wilkon bisa menyamai rekor tersebut? Pemain kelahiran 22 Maret 1992 itu mengaku masih haus gol. Dia memastikan bahwa penampilan apiknya tidak hanya terjadi di laga perdana. Tapi juga akan berlanjut dalam laga Persebaya selanjutnya.

Yang pasti saya harus bekerja lebih keras untuk laga-laga berikutnya. Sudah menjadi kewajiban saya sebagai striker untuk mencetak banyak gol, tegas Wilkson.

Gelar top scorer bagi pemain depan memang cukup penting. Namun, Wilkson tahu ada hal lain yang jauh lebih besar ketimbang gelar individu. Yang paling penting adalah bagaimana tim bisa mendapatkan tiga poin, tegas mantan pemain Hibernians FC tersebut.

Bagi dia, percuma mencetak banyak gol tapi tim gagal mendapatkan tiga poin.

Pada laga ketiga, Green Force julukan Persebaya akan menghadapi PSM Makassar (18/9). Sangat mungkin Wilkson tetap menjadi pemain utama di lini depan. Pelatih Persebaya Aji Santoso punya harapan besar kepada Wilkson.

Dua gol yang dicetak cukup bagus. Mudah-mudahan Wilkson akan semakin percaya diri pada pertandingan-pertandingan selanjutnya, kata Aji.

Selain Wilkson, Persebaya masih memiliki beberapa opsi di lini depan. Green Force masih punya Johan Yoga dan Samsul Arif. Keduanya bisa menjadi ujung tombak. Namun, pada laga kontra Persikabo 1973, Samsul dijajal sebagai winger .

Artikel Asli