Apa Kabar Ilham Jaya Kesuma? Mesin Gol Timnas Indonesia di Piala Tiger 2004

inewsid | Olahraga | Published at 13/09/2021 07:37
Apa Kabar Ilham Jaya Kesuma? Mesin Gol Timnas Indonesia di Piala Tiger 2004

JAKARTA, iNews.id - Ilham Jaya Kesuma merupakan legenda Persita Tangerang sekaligus Timnas Indonesia. Apa kabarnya sekarang?

Pria asal Palembang ini menjadi bintang Persita Tangerang pada era awal medio 2000. Dia bahkan menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama tim ini.

Nama Ilham Jaya Kesuma semakin bersinar saat menjadi bintang di Timnas Indonesia terutama di ajang Piala Tiger tahun 2004. Dia ikut mengantar tim Merah-putih hingga ke final, meskipun gagal juara karena kalah dari Singapura.

Meski gagal juara, namanya tetap disorot. Sebab Ilham menjadi top skor kejuaraan tersebut dengan koleksi tujuh gol.

Performanya di level klub pada tahun itu juga tak kalah mengagumkan. Dia pernah membawa Persita melaju ke final Liga Bank Mandiri 2002. Sayang, ketika itu Persita kalah dari Petrokimia Putra Gresik di final dan harus puas menjadi runner-up.

Selain itu, Ilham merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia 2004 dengan 22 gol. Dia bertahan bersama klub berjuluk Pendekar Cisadane itu hingga 2006.

Usai membela Persita, Ilham mencoba peruntungan di luar negeri. Dia berkarier bersama klub asal Malaysia, MPPJ Selangor. Tetapi, dia hanya membela klub tersebut selama satu musim, sebelum kembali ke Persita.

Hanya saja, periode kedua Ilham di Persita tak bertahan lama. Dia kemudian berpindah-pindah ke berbagai klub Indonesia. Sebut saja Persisam Putra Samarinda, Mitra Kukar dan Sriwijaya FC.

Pada akhirnya, Ilham kembali ke Persita pada 2012, sebelum akhirnya pensiun dua tahun kemudian. Meski sudah berhenti sebagai pemain sejak 2014, dia tetap menggeluti dunia sepak bola.

Selain menjadi PNS di Pemkab Tangerang, Ilham Jaya Kesuma kini menjadi pelatih tim Elite Pro Academy (EPA) Persita U-18. Dia bahkan mengantongi lisensi kepelatihan B AFC.

Artikel Asli