Jelang Vs Bayern Muenchen, Barcelona Dibayangi Badai Cedera

republika | Olahraga | Published at 13/09/2021 07:32
Jelang Vs Bayern Muenchen, Barcelona Dibayangi Badai Cedera

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akan menjamu Bayern Muenchen dalam ajang Liga Champions, Rabu (15/9), dini hari WIB. Namun, sejumlah pemain La Blaugrana justru terancam absen dalam laga sepenting ini.

Paling tidak ada lima pemain inti skuad asuhan Ronald Koeman tersebut yang terancam tidak tampil. Ousmane Dembele, Sergio Aguero dan Ansu Fati, masih mengalami cedera. Jordi Alba dan Sergino Dest baru saja kembali dari tugas internasional. Alba sudah kembali berlatih bersama tim. Tapi Dest masih berlatih di pusat kebugaran dan diragukan tampil melawan klub raksasa Bundesliga Jerman tersebut.

Koeman memang punya alternatif. Ia bisa menggunakan Sergi Roberto dan Oscar Mingueza di sisi kanan dan kiri. Dua sesi latihan pada Ahad dan Senin (13/9) waktu Spanyol menjadi momen krusial bagi ketersediaan Alba dan Dest.

Sementara itu, Gerard Pique juga bisa kembali dimainkan. Bek tengah tersebut absen saat Barcelona menghadapi Getafe. Tapi ia telah menjalani latihan normal dengan rekan setimnya. Eric Garcia juga absen karena akumulasi kartu.

Adapun striker Barcelona Martin Braithwaite masih berlatih secara individu akhir pekan ini dan diragukan tampil untuk laga pembuka Liga Champions. Jika Braithwaite tidak pulih tepat waktu, pendatang baru, Luuk de Jong, bisa diturunkan di lini serang. Sementara, Philippe Coutinho bisa kembali beraksi setelah absen selama sembilan bulan karena cedera.

Koeman kemungkinan memilih Ronald Araujo atau bahkan Samuel Umtiti untuk meredam keuntungan fisik yang dimiliki penyerang Muenchen. Sergio Busquets, Pedri, dan Frenkie de Jong diharapkan bisa jadi starter di lini tengah.

Meski terancam tak bisa diperkuat sejumlah pemain inti, Aguero memperingatkan lawan untuk tidak meremehkan Barcelona. The Catalans memang belum berada dalam performa terbaik musim ini dan dinilai akan melakukan perjalanan berat. Tapi ia tidak mau anggapan tersebut membuat lawan menganggap remeh timnya.

Aguero menyatakan, Barcelona masih tetap sama dan akan terus berjuang untuk setiap gelar. Menurut mantan pemain Manchester City tersebut, setiap kali berhadapan dengan Barca, siapapun lawan akan selalu kesulitan, meski Blaugrana dalam kondisi yang buruk.

''Kami bukan favorit di Liga Champions, tapi lawan kami akan menghormati kami. Mungkin orang tidak berharap banyak dari kami di Liga Champions. Tapi berhati-hatilah,'' ujar Aguero, dikutip dari Marca , Ahad (12/9).

Kepergian Lionel Messi dari Barcelona menuju Paris Saint-Germain (PSG) memang menjadi pukulan besar untuk klub. Tapi, Koeman tidak kehabisan akal. Ia seolah punya firasat kalau Messi bakal hengkang dan mencari penggantinya. Memphis Depay, yang merupakan mantan anak asuhnya di tim nasional Belanda, pun ditarik ke Camp Nou.

Depay langsung membuktikan ketajamannya di hadapan fan Barcelona. Pemain yang didatangkan dari Lyon tersebut sudah mencetak tujuh gol musim ini, dengan dua di antaranya untuk Barcelona dan lima bersama Belanda. Depay membuktikan dirinya menjadi pengganti Messi yang layak.

Selain itu, dengan dilepasnya Antoine Griezmann ke Atletico Madrid, pemain berusia 27 tahun tersebut bakal menjadi aktor utama di lini serang Barcelona. Tidak ada yang berpikir Depay akan dengan mudah menggantikan Messi. Tapi ia telah memulai langkah untuk melakukan itu.

Artikel Asli