Lineker Sebut Struijk Tak Layak Dapat Kartu Merah

republika | Olahraga | Published at 13/09/2021 03:23
Lineker Sebut Struijk Tak Layak Dapat Kartu Merah

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Mantan striker timnas Inggris, Gary Lineker, menilai, bek tengah Leeds United, Pascal Struijk, tidak layak mendapatkan kartu merah lantaran tekelnya terhadap winger Liverpool, Harvey Elliot.

Menurutnya, dalam kondisi normal, tekel Struijk itu bukan tergolong tekel yang buruk. Insiden ini terjadi pada menit ke-60 laga Liverpool kontra Leeds United pada pekan keempat Liga Primer Inggris, Senin (13/9) dini hari WIB.

Saat itu, bek tengah asal Belgia itu berupaya menghentikan laju Elliot, yang tengah menggiring bola, dengan melakukan sliding tackle . Kaki Struijk pun terlihat mencoba menggapai bola yang berada di depan Elliot.

Namun, dengan kecepatannya, Struijk terlihat menabrak kaki Elliot. Salah satu kaki winger berusia 18 tahun itu terlihat tersangkut dalam kondisi terlipat. Akibat tekel tersebut, Elliot dilaporkan mengalami cedera engkel parah dan harus menyudahi laga di Stadion Elland Road tersebut.

Sesaat setelah insiden tersebut, wasit Craig Pawson memang tidak langsung menghentikan laga dan meniup peluit tanda terjadinya pelanggaran. Pawson baru mengganjar Struijk dengan kartu merah setelah melakukan review VAR terhadap insiden tersebut.

Lineker berharap, kondisi cedera yang dialami Elliot tidak terlalu parah. Kendati begitu, eks striker Tottenham Hotspur dan Barcelona itu menilai, kartu merah yang diberikan wasit terhadap Struijk terlalu berlebihan. Lineker menyebut, cedera yang dialami Elliot semata-mata karena kecelakaan.

''Berharap cedera yang dialami Elliot tidak separah seperti kelihatannya. Dalam kecepatan normal, tekel itu bukanlah tekel yang buruk ataupun harus diganjar kartu merah. Tanpa tanyangan ulang memang sulit untuk memastikannya. Saya rasa, itu hanya kecelakaan yang aneh,'' tulis Lineker dalam unggahannya di akun twitter miliknya, Senin (13/9).

Leeds United mmemang memiliki kesempatan untuk melakukan banding atas kartu merah tersebut. Pasalnya, wasit memberikan kartu merah secara langsung. Kendati begitu, berdsarkan tayangan ulang, tekel Struijk itu dinilai membahayakan Elliot.

Dalam lansiran The Athletic, Liga Primer Inggris telah mengonfirmasi, kartu merah tersebut diberikan kepada Struijk lantaran tekelnya membahayakan Elliot.

Artikel Asli