Liverpool Hajar Leeds United, Mohamed Salah Cetak Gol ke-100 di Liga Inggris

inewsid | Olahraga | Published at 13/09/2021 00:44
Liverpool Hajar Leeds United, Mohamed Salah Cetak Gol ke-100 di Liga Inggris

LEEDS, iNews.id- Liverpool menang 3-0 saat bertandang ke markas Leeds United. Mohamed Salah mencetak gol ke-100 sepanjang kariernya di Liga Inggris.

Laga itu berlangsung di Elland Roads, Minggu (12/9/2021) malam WIB. Tiga gol Liverpool diciptakan oleh Mohamed Salah di menit 20, lalu Fabinho (50), dan terakhir Sadio Mane (90+2). Liverpool merebut kemenangan atas Leeds yang bermain dengan 10 pemain sejak menit 60.

Salah mencetak 100 gol sepanjang kariernya di Liga Inggris dalam 162 laga. Dia menjadi pemain kelima tercepat mencetak 100 gol.

Jalannya Pertandingan

Liverpool yang bermain ke kandang Leeds sejak awal sejatinya mampu langsung menguasai jalannya pertandingan. Meski begitu, pada menit-menit pertama Leeds juga mampu menekan pertahanan The Reds.

Jual beli serangan terlihat di 15 menit pertama hingga pada akhirnya publik Stadion Elland Road terdiam ketika Mohamed Salah memasukkan bola ke gawang Leeds di menit 20. Salah mencetak gol usai memanfaatkan umpan silang dari Trent Alexander-Arnold.

Ketika skor berubah menjadi 1-0 untuk Liverpool, arah angin langsung berubah ke tim tamu. Skuad asuhan Jurgen Klopp itu benar-benar mampu menguasai jalannya pertandingan.

Berkat menguasai pertandingan, Liverpool bahkan sempat menggetarkan gawang Leeds untuk kedua kalinya di menit 24 melalui aksi Thiago Alcantara. Namun ketika mau selebrasi hakim garis menaikkan benderanya yang menanadakan offside.

Ternyata sebelum Thiago memasukkan bola, Salah sudah berada di posisi offside ketika sedang membangun serangan tersebut. Skor 1-0 tak berubah dan bahkan bertahan hingga laga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Liverpool makin menggila. Sejumlah peluang mampu langsung mereka ciptakan.

Dari sekian peluang yang tercipta, Liverpool berhasil memaksimalkan satu kesempatan di menit ke-50. Fabinho berhasil membuat Liverpool unggul 2-0 usai memanfaatkan kemelut di mulut gawang Leeds.

Setelah unggul dua gol, Liverpool tak mengendurkan daya serangan sama sekali. Sadio Mane beberapa kali terlihat mengancam gawang Leeds, namun ia masih belum bisa mencatatkan namanya di papan skor.

Ketika sedang asyik menyerang, bencana menimpa Liverpool. Pemain muda andalan mereka, Harvey Elliott mengalami cedera parah ketika ditekel Pascal Struijk di menit ke-58.

Bila melihat dari rekaman ulang, Struijk menekel Elliot dari belakang dengan kedua kakinya. Akibat insiden itu, kaki Elliot terlihat patah. Awalnya Eliott tak sadar akan cedera pada kakinya, Salah yang berada di dekatnya pun menjadi pihak yang pertama kali menyadari itu.

Salah lantas langsung memanggil tim medis dan laga sempat tertahan beberapa menit. Wasit tak lama langsung mengeluarkan kartu merah kepada Struijk akibat tekelan kerasnya tersebut.

Tak lama Elliott ditandu ke luar lapangan dan pertandingan diteruskan. Jordan Henderson masuk menggantikan Elliott dan langsung memimpin Liverpool dalam menghadapi 10 pemain Leeds.

Unggul pemain membuat permainan Liverpool semakin menggila. Lagi-lagi sejumlah peluang diciptakan oleh Mane namun kegagalan tetap terlihat.

Mane terlihat frustrasi karena selalu gagal. Namun, upaya tak pernah mengkhianati hasil. Gol yang ditunggu Mane akhirnya tercipta di menit ke-90+2. Mane sukses membobol gawang Leeds usai memanfaatkan umpan dari Thiago.

Gol Mane menjadi yang terakhir tercipta di laga tersebut. Liverpool menang 3-0 atas Leeds United.

Berikut Susunan Pemain:

Leeds United (4-1-4-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Diego Llorente, Liam Cooper (c), Junior Firpo; Kalvin Phillips; Raphinha, Stuart Dallas, Rodrigo Moreno, Jack Harrison; Patrick Bamford.
Cadangan: Crysencio Summerville, Charlie Cresswell, Jamie Shackleton, Tyler Roberts, Mateusz Klich, Pascal Struijk, Daniel James, Kristoffer Klaesson, Liam McCarron.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk (c), Andrew Robertson; Harvey Elliott, Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Diogo Jota, Sadio Mane.
Cadangan: Konstantinos Tsimikas, Ibrahima Konate, Joseph Gomez, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Curtis Jones, Caoimhin Kelleher, James Milner.

Artikel Asli