Goweser Indonesia, Bersepeda Bersama Komunitas-komunitas ini Yuk!

skor.id | Olahraga | Published at 09/09/2021 12:45
Goweser Indonesia, Bersepeda Bersama Komunitas-komunitas ini Yuk!

SKOR.id - Beberapa tahun belakangan, masyarakat Indonesia semakin menggemari olahraga bersepeda. Mulai dari jenis BMX, sepeda lipat, sepeda gunung, hingga road bike.

Bersepeda juga jadi pilihan saat pandemi melanda, penjualan sepeda laris manis di pasaran.

Selain simpel,bersepeda juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu akan semakin terasa jika konsisten melakukannya, misalnya setiap hari dengan durasi minimal setengah jam.

Dengan bersepeda, Anda bisa mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, hingga menjaga kesehatan jiwa.

Untuk mengurangi kejenuhan saat bersepeda, bargabung dengan komunitas sepeda adalah pilihannya. Berikut beberapa komunitas sepeda yang ada di Indonesia.

Komunitas Bike To Work

Komunitas Bike to Work Indonesia dideklarasikan pada 2005, berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung (Komunitas Jalur Pipa Gas).

Kemacetan di ibukota jadi salah satu yang mendasari Bike to Work. Komunitas B2W, demikian kependekannya, juga hadir di beberapa kota besar Tanah Air.

Ketua Bike to Work Indonesia, Poetoet Soedarjanto, mengatakan hingga 2021, setidaknya ada Komunitas B2W di 100 kota di Indonesia.

Tertarik bergabung? Kamu bisa cek socialmedia Bike to Work di @B2WIndonesia (Twitter), @b2w_indonesia (Instagram) dan biketoworkindonesia (Facebook).

Women Cycling Community Indonesia.

Malu kalau harus bergabung dengan komunitas sepeda yang isinya para pria? Buat kamu para Ladies, bisa bergabung dengan komunitas Women Cycling Community (WCC) Indonesia.

Menurut founder dari komunitas ini,Tabby Sumendap, WCC merupakan wadah bagi pesepada wanita untuk melakukan gowes bareng. "Seluruh perempuan yang hobi bersepeda boleh bergabung meskipun telah tergabung dengan komunitas lain," ujarnya.

Berdiri pada tahun 2014, komunitas ini sudah menyebar ke seluruh nusantara. Tercatat ada beberapa kota seperti Makassar, Palangkaraya, Pontianak, Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Manado, Jombang, Purwodadi, Balikpapan, Yogya, Kudus, Tomohon, Jayapura, lombok dan Jakarta tentunya.

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut komunitas ini dengan melihat akun Instagram mereka. Jika komunitas WCC Indonesia menggunakan akun instagram dengan alamat @wccnusantara, komunitas komunitas WCC di daerah menggunakan akun WCC plus nama daerahnya. Seperti @wcc.makassar @wcc.jkt dll.

Komunitas Federal Indonesia.

Buat generasi 90'an, sepeda Federal sangat popoler di jamannya. Sepeda Federal di buat di Indonesia oleh PT. Federal Cycle Mustika, sebuah cabang usaha Astra Group.

Karena popularitasnya orang biasa menyebut sepeda jenis Montain Bike (MTB) adalah sepeda Federal.

Dengan banyaknya pecinta MTB Federal, maka komunitas pengguna sepeda ini pun hadir. Komunitas Federal Indonesia demikian namanya. Komunitas ini berdiri pada tahun 2009 silam.

Awal mula berkumpulnya komunitas ini melalui Facebook. Kopi darat dan jambore nasional pernah digelar untuk menambah keakraban masing masing anggotanya

Buat Skorer yang mempunyai sepeda Fedaral dan ingin bergabung dengan komunitas ini, bisa langsung mengunjungi Facebook mereka di www.facebook.com/groups/mtbfederal atau Instagram di www.instagram.com/mtb_federal.

BOSS, Komunitas Sepeda Brompton yang Punya Kegiatan Gowes Rute Domestik dan Internasional

Komunitas Bulu Tangkis yang Rutin Main Bareng di Jambi dan Samarinda

&
Artikel Asli