Sejarah Pentingnya Tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional

skor.id | Olahraga | Published at 09/09/2021 10:15
Sejarah Pentingnya Tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional

SKOR.id - Kamis (9/9/21), Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke-38.

Peringatan Haornas sendiri dimulai pada 9 September 1985 usai Presiden Soeharto menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No.67/1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Meski demikian, Haornas sudah dirumuskan pada 1983. Perumusan tersebut terjadi saat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dilebur dengan Kesehatan Olahraga Republik Indonesia (KORI).

Peleburan ini kemudian melahirkan satu organisasi bernama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Sebagai catatan, diambilnya 9 September sebagai peringatan Haornas karena pada tanggal tersebut dibuka Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk kali pertama.

PON pertama sendiri diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah (Jateng) dan dibuka di Stadion Sriwedari pada 9 September 1948.

Namun uniknya, ada fakta terkait latar belakang yang menyebabkan pemerintah Republik Indonesia menggelar PON.

Ya, PON digelar saat itu karena Indonesia gagal mengikuti Olimpiade 1948 yang digelar London, Inggris.

Kegagalan tersebut terjadi karena Indonesia sedang dalam pergolakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda yang berusaha kembali menguasai Tanah Air.

Dengan demikian, saat itu terjadi dua peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang memberi pesan kepada dunia internasional.

Pertama yaitu perjuangan masyarakat Indonesia untuk tidak mau kembali dijajah, keinginan untuk hidup merdeka dan berdaulat.

Itu merupakan salah satu pesan kepada dunia internasional. Pesan tersebut kemudian diperkuat dengan apa yang terjadi di dalam negeri yaitu aktivitas olahraga secara nasional dengan digelarnya PON.

Perumusan Hari Olahraga Nasional yang ditetapkan pada 9 September yaitu mengambil tanggal digelarnya kali pertama PON sejatinya mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia sudah memiliki agenda sebagai negara yang berdaulat melalui olahraga.

Karena itu, Haornas menjadi hari yang sakral bukan hanya bagi olahraga Indonesia melainkan juga posisi Indonesia secara politis di mata dunia.

Dengan penetapan Haornas, memperlihatkan bahwa Indonesia ada dan setara dengan bangsa-bangsa lainnya.

Pesan menggunakan momentum olahraga menjadi cara yang sangat elegan, berani, dan kuat.

Karena itulah, setiap tahun pada tanggal 9 September, selalu diperingati Haornas karena hari ini menjadi hari yang sangat penting bagi Indonesia.

Sebelum pandemi Covid-19, pemerintah RI biasanya merayakannya secara istimewa. Tapi, dua tahun terakhir, yakni pada 2020 dan 2021, Haornas dirayakan di GOR POPKI Cibubur dengan upacara yang sedikit lebih sederhana.

Adapun, Haornas ke-38 mengusung tema "Desain Besar Olahraga Nasional" atau DBON.

Ya, pada Haornas 2021 ini, pemerintah meluncurkan Desain Besar Olahraga Nasional yang menjadi pijakan peningkatan prestasi olahraga Merah-Putih.

Dengan tema ini, diharapkan Indonesia kembali memiliki modal dengan tumbuhnya atlet-atlet atau olahragawan yang sehat dan kuat yang dapat berkompetisi di level dunia internasional.

Peringatan Haornas ke-38 Jadi Kick-off Desain Besar Olahraga Nasional

&
Artikel Asli