Vietnam Protes ke FIFA-AFC karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia

inewsid | Olahraga | Published at 09/09/2021 08:12
Vietnam Protes ke FIFA-AFC karena Tak Dapat Penalti saat Lawan Australia

HANOI, iNews.id- Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengirimkan surat protes kepada FIFA dan AFC terkait laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia antara Vietnam vs Australia. Vietnam memprotes kinerja wasit di laga itu yang dinilai merugikan mereka.

Laga itu berlangsung pada 7 September 2021. Kejadian yang disorot oleh VFF ialah saat bek Australia Rhyan Grant dinilai melakukan handsball saat menahan tendangan Nguyen Phong Hong Duy di menit 28.

Namun, wasit yang memimpin laga itu, Ibrahim Al-Jassim tidak memberikan hadiah penalti walau sudah berkonsultasi dengan VAR. Tentu keputusan itu dinilai merugikan Vietnam.

Terlebih pada menit 43, Rhyan Grant mencetak gol kemenangan bagi Australia. Hasil ini membuat Vietnam menderita kekalahan untuk kedua kalinya di lanjutan grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Atas insiden itu dikutip dari Thethao247, Wakil Presiden Tetap VFF Tran Quoc Tuan mengirim surat resmi kepada Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden AFC Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa

VFF percaya FIFA harus mengambil langkah-langkah khusus untuk memastikan keadilan dan menjaga citra dan reputasi Kualifikasi Piala Dunia. Dalam surat itu, VFF mengatakan LDBDVN menemukan wasit tidak membuat keputusan yang benar, yang mempengaruhi hasil pertandingan.

LDBDVN ingin berkontribusi untuk membangun dan melindungi keadilan dan prestise turnamen resmi FIFA dan AFC. LDBDVN mengusulkan agar FIFA dan AFC memperkuat inspeksi dan penilaian kualitas pekerjaan wasit untuk memiliki solusi manajemen yang efektif di putaran mendatang untuk memastikan citra dan reputasi Turnamen.

Terkait laporan itu, FIFA mengkonfirmasi sudah menerima surat resmi dari Federasi Sepak Bola Vietnam. Surat itu akan segera ditanggapi.

Artikel Asli