Koeman Siap Berikan Kesempatan Lagi buat Coutinho

republika | Olahraga | Published at 09/09/2021 01:45
Koeman Siap Berikan Kesempatan Lagi buat Coutinho

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kiprah Phillipe Coutinho bersama Barcelona kerap menjadi sorotan. Maklum, direkrut dengan nilai transfer mencapai lebih dari 100 juta euro, kontribusi gelandang serang asal Brasil itu buat Blaugrana terbilang masih minim.

Sejak didatangkan dari Liverpool pada Januari 2018, Coutinho baru mengemas 90 caps dan menyumbang 24 gol di semua ajang. Prestasi terbaik Coutinho, setidaknya dalam tiga tahun terakhir, justru saat melakoni masa peminjaman di Bayern Muenchen pada musim 2019/2020.

Pada saat itu, gelandang serang berusia 29 tahun itu berhasil mengantarkan Die Bayern menyabet tiga gelar sekaligus, trofi Bundesliga, gelar juara DFB Pokal, dan titel Liga Champions. Kembali dari masa peminjaman pada musim lalu, Coutinho malah hanya tampil pada paruh pertama.

Coutinho mengalami cedera lutut pada pertengahan musim dan terpaksa absen pada paruh kedua. Jajaran direksi Barcelona, di bawah kendali presiden Joan Laporta, dikabarkan sempat memasukan nama mantan penggawa Inter Milan itu dalam daftar jual pemain Barcelona.

Bahkan, Barcelona siap melepas Coutinho dengan nilai transfer tidak kurang dari 30 juta euro. Namun, hingga jendela transfer musim panas kali ini resmi ditutup, tidak ada tawaran formal yang datang ke Barcelona terkait kemungkinan transfer Coutinho.

Dengan kondisi Coutinho yang baru pulih dari cedera lutut parah dan belum sepenuhnya bugar, klub-klub lain sepertinya berpikir dua kali untuk meminang eks pemain Vasco da Gama tersebut. Kendati begitu, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, disebut-sebut belum kehilangan keyakinannya terhadap kemampuan Coutinho.

''Koeman siap memberikan kesempatan lagi buat Coutinho untuk membuktikan kemampuannya pada musim ini. Pelatih asal Belanda itu bahkan siap menurunkan Coutinho di laga Barcelona selanjutnya,'' tulis laporan Diario AS, Rabu (8/9).

Usai menjalani masa perawatan selama kurang lebih sembilan bulan akibat cedera lutut, Coutinho memang sudah kembali berlatih bersama rekan-rekan setimnya di Barcelona pada awal bulan lalu. Coutinho pun sempat disertakan dalam skuad Barcelona kala membungkam Getafe, 2-1, dua pekan lalu.

Tidak perlu waktu lama, Koeman dikabarkan bakal menurunkan Coutinho di laga perdana Barcelona pasca jeda internasional. Setelah laga kontra Sevilla mengalami penundaan, Blaugrana dijadwalkan menghadapi Bayern Muenchen di laga perdana penyisihan Grup E, Selasa (14/9) waktu setempat.

Di laga inilah, Coutinho digadang-gadang bakal kembali merumput usai terakhir kali mengenakan seragam Barcelona di atas lapangan hijau pada Desember 2020 silam. Di laga yang rencananya digelar di Stadion Camp Nou ini pula, Koeman berharap keputusannya untuk memberikan kesempatan pada Coutinho merupakan keputusan yang tepat.

Artikel Asli