Kualifikasi PD 2022 Zona Conmebol Tanpa Pemain Liga Inggris

Olahraga | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:48
Kualifikasi PD 2022 Zona Conmebol Tanpa Pemain Liga Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digerla di zona Conmebol yang dimulai pada pekan ini dipastikan bakal berbeda. Tidak ada pemain bintang yang merumput di Liga Primer Inggris beraksi. Ini berimbas kepada kekuatan tim yang berlaga.

Brasil akan kehilangan sembilan pemain dari Liga Primer Inggris untuk tiga kualifikasi Piala Dunia berikutnya, termasuk pertandingan di Cile, Jumat (3/9). Beberapa pemain tidak hadir pada sesi latihan pertama di Sao Paulo.

Sembilan pemain Brasil itu, yakni Alisson, Fabinho, dan Roberto Firmino (Liverpool), Ederson dan Gabriel Jesus (Manchester City), Thiago Silva (Chelsea), Fred (Manchester United), Richarlison (Everton), dan Raphinha (Leeds).

Cile juga akan kehilangan Ben Brereton dari Blackburn dan Francisco Sierralta dari Watford. Pelatih Martin Lasarte memanggil Valber Huerta dan Diego Valencia dari Universidad Catolica pada Selasa untuk menggantikan mereka.

Sementara itu, Argentina mengharapkan empat pemain yang berbasis di Inggris saat melawan Venezuela di hari yang sama. Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia dari Aston Villa dan Giovanni Lo Celso dan Cristian Romero dari Tottenham. Mereka juga masuk dalam skuad yang memenangkan Copa America di Brasil pada Juli lalu.

Klub-klub Liga Primer Inggris mengatakan mereka akan memblokir pemain mereka dari bepergian ke negara-negara Amerika Selatan, yang masuk daftar merah oleh pemerintah Inggris karena pandemi Covid-19. Pasalnya setiap pemain yang pergi dan kemudian kembali ke Inggris harus menghabiskan 10 hari di karantina hotel dan memiliki sedikit kesempatan untuk berlatih.

FIFA telah memberikan dua hari tambahan bagi negara-negara Amerika Selatan untuk memainkan pertandingan pada bulan September dan Oktober sehingga tiga kualifikasi dapat dimainkan di setiap jendela, bukan dua pertandingan seperti biasa.

Kompetisi round-robin akan dimainkan sesuai jadwal meskipun ada penolakan dari klub-klub Inggris Meskipun beberapa yang melakukan perjalanan akan kembali sebelum pertandingan ketiga yang dijadwalkan pada 9 September.

FIFA telah memberi tahu badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL akan ada konsekuensi bagi klub yang tidak melepas pemain sesuai kebutuhan, yang bisa berarti tindakan disipliner.

Dikutip dari AP News , Rabu (1/9), Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada Ahad (29/8) telah memutuskan terhadap keluhan oleh liga Spanyol, yang berpendapat bahwa tiga pertandingan akan berakhir terlalu dekat dengan dimulainya kembali kompetisinya. Keretakan bisa berlanjut pada Oktober, ketika masing-masing tim memiliki tiga pertandingan lagi.

Artikel Asli