Paralimpiade Tokyo 2020: Para Bulu Tangkis Debut Resmi Sore Ini, 2 Atlet Indonesia Masuk Buku Sejarah

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:40
Paralimpiade Tokyo 2020: Para Bulu Tangkis Debut Resmi Sore Ini, 2 Atlet Indonesia Masuk Buku Sejarah

SKOR.id - Rabu (1/9/2021) menjadi hari yang bersejarah untuk para bulu tangkis yang akan memulai debut Paralimpiade di Tokyo 2020.

Paralimpiade yang merupakan ajang olahraga empat tahunan untuk atlet disabilitas di seluruh dunia ini mulai dipertandingkan pada 1960 di Roma, Italia.

Awalnya, ajang Paralimpiade hanya mempertandingkan nomor kursi roda tetapi perlahan mulai melibatkan lebih banyak klasifikasi disabilitas.

Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pun perlahan bertambah hingga akhirnya pada Tokyo 2020 mencapai 22 jenis dengan 539 nomor pertandingan.

Satu yang baru dari Paralimpiade Tokyo adalah debut cabor para bulu tangkis yang akan dipertandingkan di Yoyogi National Stadium, Tokyo pada 1-5 September 2021.

Sebanyak 90 atlet dari 28 negara akan ambil bagian dalam debut para bulu tangkis di Paralimpiade tahun ini.

Mereka akan bertanding di 14 event pertandingan yang terdiri dari tujuh nomor putra, enam nomor putri, dan satu nomor ganda campuran.

Tujuh nomor putra yang dipertandingkan adalah tunggal putra WH1, WH2, SL3, SL4, SU5, SH6, dan ganda putra WH1-WH2.

Enam nomor putri terdiri dari tungal putri WH1, WH2, SL4, SU5, ganda putri WH1-WH2, dan SL3-SL5. Serta ganda campuran SL3-SU5.

Indonesia yang mengirim tujuh atlet menjadi salah satu negara yang akan memeriahkan debut para bulu tangkis Tokyo 2020 tahun ini.

Sektor putramengirim Ukun Rukaendi, Fredy Setiawan, Hary Susanto, Dheva Anrimusthi, dan Suryo Nugroho. SedankanLeani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah dari sektor putri.

Tidak hanya satu, beberapa pemain akan tampil di dua sampai tiga nomor selama Paralimpiade Tokyo.

Misalnya, Leani Ratri Oktila yang akan tampil di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Duel antara Hary Susanto/Leani Ratri Oktila versus Daisuke Fujihara/Akiko Sugino (Jepang) akan tercatat dalam sejarah sebagai laga para bulu tangkis pertama di ajang Paralimpiade.

Laga ganda campuran ini dijadwalkan berlangsung mulai pukul 18.00 waktu setempat atau 16.00 WIB di Lapangan 1 Yoyogi National Stadium, Tokyo.

Selain pertandingan di atas, Yoyogi National Stadium juga akan menggelar tiga laga lainnyapada waktu yang sama di lapangan berbeda.

Lapangan 2 ada derbi Jerman antara Valeska Knoblauch kontra Elke Rongen dan Lapangan 3 mempertemukan ganda campuran Prancis melawan wakil India.

Sedangkan Lapangan 4 menyajikan duel antara Zhan Jing (Cina) melawan Nina Gorodetzky (Israel) di nomor tunggal putri WH1.

Mereka akan tercatat dalam buku sejarah sebagai atlet yang tampil pada pertandingan resmi pertama para bulu tangkis di Paralimpiade.

Siap Debut di Paralimpiade Tokyo, Leani Ratri Oktila Masih Buta Peta Persaingan

&
Artikel Asli