ISSI Optimis Balap Sepeda Tembus PON 2024

Olahraga | lombokpost | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:15
ISSI Optimis Balap Sepeda Tembus PON 2024

MATARAM-Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) optimis cabor balap sepeda akan dipertandingkan di PON Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang. Kita yakin akan dipertandingkan, kata Wakil Sekjen PB ISSI Dedi Waskito Kurniawan.

Keyakinan itu semakin menguat karena tuan rumah sudah mencanangkan cabor balap sepeda akan tetap dipertandingkan. Diketahui, pada PON Papua 2020, balap sepeda menjadi salah satu dari sepuluh cabor yang tidak dipertandingkan. Sebenarnya dari PB ISSI sudah mengirimkan tim dan ada technical delegate. Namun dari penyelenggara ada pertimbangan lain, ujar dia.

Cabor balap sepeda sempat berjuang setelah dicoret dari PON Papua. PB ISSI sudah menempuh segala upaya, termasuk menyiapkan nomor-nomor pertandingan. Hanya saja, cabor balap sepeda tetap tidak dipertandingkan.

Setelah dicoret, PB ISSI masih berusaha agar bisa dipertandingkan di lokasi lain. Tetapi perhitungan medali masuk dalam medali PON. Terkait rencana ini sudah ada kabupaten yang bersedia menjadi tuan rumah. Ternyata dari pihak yang lebih tinggi memutuskan tetap tidak bisa dipertandingkan. Ini bukan balap sepeda saja, tapi ada cabor lain yang akhirnya tidak dipertandingkan di Papua, jelasnya.

Dedi meminta pengprov ISSI mulai mempersiapkan atlet yang akan diturunkan di seleksi PON atau Pra-PON. Karena untuk cabor balap sepeda ada batasan usia atlet. Pembinaan yang lebih intens bisa mulai dilakukan pengprov mengingat waktu yang masih panjang. (puj/r8)

Artikel Asli