Okto Maniani Winger Lincah yang Dijuluki Ryan Giggs Indonesia, Begini Kariernya Sekarang

Olahraga | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 12:15
Okto Maniani Winger Lincah yang Dijuluki Ryan Giggs Indonesia, Begini Kariernya Sekarang

BALIKPAPAN, iNews.id - Okto Maniani terkenal sebagai pesepak bola lincah yang pernah mendapat julukan Ryan Giggs Indonesia. Bagaimana kariernya sekarang?

Julukan tersebut diberikan Jurnalis ESPN John Duerden. Dia menilai Okto pantas mendapatkannya karena punya kecepatan dan dribel mumpuni.

Pemain bernama lengkap Oktavianus Maniani ini merupakan pesepak bola yang lahir di Jayapura 27 Oktober 1990. Namanya melejit saat membela tim nasional Indonesia pada Piala AFF 2010.

Okto Maniani terkenal sebagai pesepak bola lincah yang pernah mendapat julukan Ryan Giggs Indonesia. Begini kariernya sekarang.( Foto: Okezone)

Dia mengukir debutnya di ajang tersebut saat berusia 20 tahun 51 hari. Penampilan apiknya di sisi sayap serangan bikin lawan kocar-kacir.

Sayangnya Okto gagal membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF. Skuat Garuda takluk dari Malaysia pada pertandingan puncak dengan agregat 2-4.

Meski begitu aksi gemilangnya di Piala AFF 2010 membuat para pecinta sepak bola terkesan. Bahkan Okto sempat masuk ke daftar sepuluh pemain potensial Asia, yang layak bermain di Eropa.

Putra Papua itu juga membuat juru taktik Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan, jatuh hati. Okto dipanggil kembali untuk tampil di SEA Games 2011. Tapi Indonesia gagal meraih medali emas setelah dijegal Malaysia pada partai final lewat babak adu penalti.

Setelahnya karier Okto mengalami penurunan. Dia beberapa kali membuat ulah dengan tindakan-tindakan tidak disiplin di level klub.

Saat membela Borneo FC di musim 2015, Okto sempat bermain sinetron. Karena kesibukannya tersebut, Borneo FC pun memutuskan kontraknya dengannya.

Okto Maniani terkenal sebagai pesepak bola lincah yang pernah mendapat julukan Ryan Giggs Indonesia. Begini kariernya sekarang.

Ulah yang diperbuat Okto tidak sampai di situ. Dia kembali bikin masalah saat membela Persewar Waropen yang tampil di Liga 2 musim 2019.

Okto mendapat hukuman larangan bermain enam bulan dari komite disiplin (Komdis) PSSI. Sanksi tersebut dijatuhkan karena dia menusuk perut wasit dengan gagang bendera saat laga melawan Mitra Kukar.

Bisa dibilang, aksi itu menjadi salah satu momen puncak yang menyebabkan hancurnya karier Okto di dunia sepak bola. Namun pria 30 tahun itu masih belum mau pensiun dan kini memperkuat Persiba Balikpapan.

Artikel Asli