10 Pembelian Paling Menarik pada Hari Terakhir Bursa Transfer

Olahraga | skor.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 10:45
10 Pembelian Paling Menarik pada Hari Terakhir Bursa Transfer

SKOR.id - Transfer musim panas 2021-2022 telah resmi ditutup. Ada sejumlah kejutan yang terjadi jelang berakhirnya pembelian dan penjualan pemain pada musim ini.

Di antara kejutan tersebut adalah kembalinya atau pembelian Antoine Griezmann yang dilakukan Atletico Madrid.

Transfer Saul Niguez ke Chelsea juga terjadi pada waktu yang sama, tepatnya 31 Agustus 2021 yang berakhir pukul 23.59 waktu setempat.

Kembalinya Antoine Griezmann ke Atletico Madrid menjadi transfer yang mengejutkan karena sebelumnya ide ini seperti hanya isu.

Hari-hari terakhir bursa transfer justru lebih banyak dinantikan dengan kemungkinan Kylian Mbappe ke Real Madrid.

Tapi, hingga menit terakhir bursa transfer ditutup, tidak ada tanda-tanda bahwa Paris Saint-Germain menerima tawaran dari Real Madrid untuk Kylian Mbappe.

Panas dan serunya hari terakhir bursa transfer ditutup tentu bukan hanya kali ini terjadi. Dalam sejarah transfer, banyak kepindahan pemain terjadi jelang bursa transfer ditutup.

Skor.id merangkum 10 transfer dramatis dan dengan proses yang rumit, yang terjadi jelang bursa transfer ditutup:

1. Sergio Ramos

Pada 31 Agustus 2005, sebelum bursa transfer akan ditutup, Real Madrid membayar 27 juta euro kepada Sevilla untuk mendatangkan Sergio Ramos.

Real Madrid melihat bakat spesial yang membuat mereka kemudian membawa Sergio Ramos pada 2005.

Namun, memang tidak mudah bagi Real Madrid untuk mendatangkan Sergio Ramos ke Santiago Bernabeu.

Sevilla memanfaatkan ketertarikan dan status Real Madrid ini yang butuh pemain belakang. Ya, transfer ini tidak terjadi sampai akhirnya 31 menit jelang bursa transfer ditutup.

Namun, perjuangan Real Madrid saat itu terbayarkan dengan peran sang bek, baik sebagai pemain kunci meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champions, Ramos juga menjadi kapten tim.

2. Gareth Bale

Perburuan Real Madrid mendatangkan Gareth Bale salah satu yang paling menantang bagi era tim ini di bawah pimpinan Florentino Perez.

Begitu sulitnya proses negosiasi, khususnya dari aspek nilai atau harga transfer yang diminta oleh klub asal Gareth Bale saat itu, Tottenham Hotspur.

Real Madrid harus menghadapi pemilik klub yang memang dikenal ahli pula dalam strategi transfer pemain yaitu Daniel Levy.

Dengan 24 jam bursa transfer tahun 2013 akan ditutup, Real Madrid akhirnya membayar 101 juta euro kepada Tottenham Hotspur.

3. Mesut Ozil

Dengan kedatangan Gareth Bale, situasinya memberikan perubahan pula di Real Madrid. Ya, pada hari ketika Gareth Bale dipastiakan datang, Mesut Ozil pun pergi bergabung ke Arsenal.

The Gunners mendatangkan Mesut Ozil pada hari terakhir bursa transfer dengan harga 47 juta euro.

4. Ronaldo Nazario

Salah satu striker terbaik di dunia. Real Madrid berhasil mendapatkan Ronaldo Nazario pada muism panas 2002, hanya satu jam sebelum bursa transfer ditutup.

Sebelumnya, Real Madrid sudah mendekati penyerang asal Brasil ini sepanjang musim panas bursa transfer dimulai tapi tidak menemukan kesepakatan dengan asal klub sang pemain, Inter Milan.

Real Madrid membayar pembelian Ronaldo Nazario dengan nilai transfer 45 juta euro saat itu.

5. Hernan Crespo

Pada hari yang sama ketika Real Madrid mendapatkan Ronaldo Nazario, Inter Milan langsung mencari pengganti dan mendapatkannya.

Mereka berhasil membeli Hernan Crespo dari Lazio, dengan nilai transfer 25 juta euro.

6. Rivaldo

Pada musim panas 1997, Deportivo la Coruna berupaya semaksimal mungkin mempertahankan bintang mereka, Rivaldo.

Namun, pada 15 Agustus 1997, hari terakhir pendaftaran pemain untuk Liga Champions, Barcelona berhasil memastikan pembelian tersebut dengan nilai 23,5 juta euro.

7. Luis Suarez

Kehadiran Luis Suarez ke Liverpool terjadi pada hari terakhir bursa transfer Januari 2011. Penyerang asal Uruguay ini tiba di Liverpool dari Ajax.

The Reds mendatangkan Luis Suarez dengan nilai transfer 26,5 juta euro.

Keputusan Liverpool mendatangkan Luis Suarez meski harus bernegosiasi hingga hari terakhir transfer terbayarkan dengan performa sang pemain menjadi salah satu mesin gol terbaik The Reds.

8. Anthony Martial

Pembelian Anthony Martial juga terjadi pada menit terakhir bursa transfer 2015. Anthony Martial tiba di Manchester United dari Monaco dengan nilai transfer 60 juta euro.

Pembelian ini diiringi banyak kontroversia karena harga yang dinilai terlalu tinggi dan juga karena sang pemain gagal memberikan yang terbaik.

9. Jose Antonio Reyes

Pada 2006, Real Madrid kembali menjadi perhatian setelah mereka memastikan pembelian Jose Antonio Reyes.

Ketika itu, Real Madrid memberikan Julio Baptista kepada Arsenal sedangkan Jose Antonio Reyes ke Real Madrid dengan harga 17 juta euro.

10. Zlatan Ibrahimovic dan Wayne Rooney

Pada hari terakhir bursa transfer 2004, Juventus berhasil mendatapatkan salah satu penyerang yang saat itu merupakan bintang baru: Zlatan Ibrahimovic.

Juventus membeli Zlatan Ibrahimovic pada hari terakhir dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer 19 juta euro.

Pada hari yang sama kedatangan Ibra ke Juventus, di Manchester United berhasil mendatangkan Wayne Rooney dari Everton.

Manchester United membayar transfer Rooney dengan harga 25,6 juta euro dan menjadi nilai tertinggi dalam bursa transfer saat itu. Rooney ketika itu masih berusia 18 tahun.

Deretan Pemain yang CLBK pada Bursa Transfer Musim Panas 2021, dari Ronaldo sampai Griezmann

&
Artikel Asli