Loading...
Loading…
Mengenal Jamur Cordyceps, yang Dapat Menambah Imunitas di Era Pandemi

Mengenal Jamur Cordyceps, yang Dapat Menambah Imunitas di Era Pandemi

Olahraga | skor.id | Rabu, 25 Agustus 2021 - 08:00

SKOR.id - Kepedulianmasyarakat terkait kesehatan tubuh mengalami peningkatan pesat belakangan ini, terutama di era pandemi virus c orona.

Sejak virus corona mengguncang dunia di akhir 2019 lalu, hampir semua orang berbondong-bondong mencari cara memperkuat daya tahan tubuh di tengah pandemi.

Di Indonesia sendiri, beberapa bahan tradisional menjadi pilihan favorit untuk menjaga imunitas tubuh seperti jahe, daun kelor, jintan hitam atau habbatussauda, hingga temulawak.

Menurut para ahli, jamur juga memiliki kemampuan berinteraksi dengan mikroba baik yang memengaruhi kesehatan imun. Salah satu jenis jamur yang memiliki segudang manfaat adalah Jamur Cordyceps.

Meski jamur dapat dapat ditemukan 500 juta tahun lalu, sekarang ini mereka memiliki peran kunci membantu orang menjalani gaya hidup sehat dan melindungi imunitas seseorang, kata Noel Hegarty, juru bicara penulis laporan dari UK and Ireland Mushroom Producers.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jamur Cordyceps, terutama di era pandemi seperti sekarang ini:

1. Meningkatkan sistem imun

Jamur Cordyceps dapat membantu melindungi sk orer dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2017, jamur ini juga bermanfaatkan bagi sistem imun.

Jamur Cordyceps memiliki sifat antioksidan yang dapat menstimulasi kerja makrofag, sebagai salah satu tipe sel darah putih yang berugas melawan infeksi virus.

2. Mengurangi reaksi peradangan

Saat tubuh kemasukan virus, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi berlebihan karena produksi sitokin yang tinggi yang dapat menyebabkan peradangan.

Dalam Journal of Food and Drug Analysis, jamur cordyceps disebut mampu menghambat aktivitas sitokin yang menyebabkan peradangan.

3. Mencegah infeksi virus

Dalam buku Antiviral Agents from Natural Sources karangan Yechiel Backer, jamur cordyceps berkhasiat sebagai antivirus.

Kandungan senyawa cordycepin dalam jamur Cordyceps bekerja menghambat perkembangan berbagai virus. Studi lainnya menyebutkan cordycepin juga dapat digunakan dalam perawatan gangguan sistem pernapasan.

Beberapa studi lainnya mengatakan, jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker paru-paru.

Khasiat jamur Cordyceps memang masih membutuhkan penelitian dan uji klinis lebih lanjut. Namun dengan potensi yang telah dijabarkan, jamur Cordyceps ini layak dijadikan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Berita kebugaran lainnya

Mudah Lapar, Hal-Hal Berikut Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Efek Samping Madu Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

&
Original Source

Topik Menarik