Penasaran Emas, Eko Tunda Pensiun

rm.id | Olahraga | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 09:15
Penasaran Emas, Eko Tunda Pensiun

Lifter Eko Yuli Irawan akan menunda pensiun dan berambisi merah medali emas Olimpiade. Eko masih penasaran, karena empat kali mengikuti Olimpiade, gagal meraih emas.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Eko berhasil merebut medali perak. Tentunya bukan hal yang mudah untuk peraih medali perak. Apalagi usia Eko Yuli sudah tak muda lagi, namun demikian ia mengaku siap menerima tantangan untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 dan Los Angeles 2028.

Saat ini atlet angkat besi kelahiran Metro, Lampung, sudah berusia 32 tahun. Jika mengikuti Olimpiade Paris 2024, maka ia bakal berusia 35 dan pada edisi 2028 dirinya akan mencapai 39 tahun. Untuk seorang atlet, usia 35 atau 39 tahun jelas bukanlah masa-masa yang menguntungkan.

Namun, nyatanya hal tersebut tak menghalangi keinginan Eko yang masih pe- nasaran meraih medali emas di pesta olahraga multievent terbesar di dunia tersebut.

Karena rasa penasaran itulah Eko berniat untuk turun di Olimpiade Paris 2024 dan Olimpiade Los Angels 2028. Ia bahkan sudah menyampaikan niatannya tersebut kepada Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

Di Olimpiade berikutnya (Olimpiade Paris 2024) mungkin usia saya 35, jadi kira-kira 39 tahun (saat Olimpiade 2028). Sebenarnya saya masih kurang tahu (bisa tampil hingga 2028), tapi itu adalah tantangan dari pak Okto, ungkap Eko.

Saya berpikir begini, kalau di Indoenesia kita masih bisa mempertahankan prestasi dan tidak dikalahkan, jadi kenapa tidak? Selagi kita masih dipercaya untuk mewakili Indonesi, kenapa tidak? tambah Eko.

Okto mengizinkan Eko untuk tampil di dua edisi Olimpiade selanjutnya. Menurutnya, Eko masih memiliki potensi untuk mengharumkan nama bangsa di pesta olaharga empat tahunan tersebut. [KW]

Artikel Asli