Mundur dari Timnas Spanyol, Talenta Barcelona Ilaix Moriba Pilih Bela Tanah Kelahiran

inewsid | Olahraga | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:16
Mundur dari Timnas Spanyol, Talenta Barcelona Ilaix Moriba Pilih Bela Tanah Kelahiran

BARCELONA, iNews.id - Keputusan besar dibuat rising star Barcelona, Ilaix Moriba. Pemuda 18 tahun memilih mundur dari Timnas Spanyol dan membela tanah kelahirannya, Guinea.

Gelandang muda Barcelona, Ilaix Moriba kerap menjadi perhatian dalam beberapa bulan terakhir. Sosoknya dinilai mirip Paul Pogba baik dari segi postur maupun kemampuan.

Nama Moriba pun sering disebutkan dalam berita gosip transfer. Namun kini, kabar terbaru tentang Moriba adalah mengenai keputusan besarnya membela negara kelahiran yaitu Guinea.

Moriba memang sebelumnya terdaftar dalam pemain yang bisa dipanggil Timnas Spanyol. Dia bahkan pernah membela Spanyol U-17 dengan catatan 5 caps dan 1 gol.

Melansir dari AS, Minggu (22/8/2021), dikabarkan Moriba sudah mengundurkan diri dari Timnas Spanyol. Dia pun memutuskan membela Guinea dan siap turun ketika melawan Maroko pada bulan September mendatang.

Sebagai pemain muda, Moriba bukanlah pemain sembarangan. Talentanya sudah terlihat ketika masih membela Barcelona B.

Sejumlah klub besar Eropa pun tengah membidik Moriba. Namun, menurut pantauan terakhir RB Leipzig menjadi yang paling ngebet mendapatkan remaja berpostur 185 sentimeter itu.

Ilaix Moriba has decided to play for the Guinea senior team, not Spain, per AS.

Born in Conakry, Moriba moved to Spain at a young age and has racked up five appearances for Spains U-17 side. Guinea will call him up for their next two matches. pic.twitter.com/TfwMEQp80Z

Zach Lowy (@ZachLowy) August 21, 2021

Barcelona jelas tidak ingin kehilangan talentanya. Hanya saja pelatih Ronald Koeman tampak kesulitan dan kecewa bernegosiasi dengan Moriba.

"Situasinya mengerikan karena dia masih 18 tahun, dia adalah masa depan klub dan saya mengerti dia mencintai klubnya. Saran saya adalah uang bukanlah hal yang paling penting. Yang penting adalah pertandingan," kata Koeman, dikutip dari Sportbible.

"Kebenarannya adalah saya kecewa dengannya dan agennya. Saya lebih percaya dengan sepak bola ketimbang uang," ujar pelatih asal Belanda itu.

Artikel Asli