Andrea Dovizioso Masuk Target Tim Satelit Yamaha untuk MotoGP 2022

sindonews | Olahraga | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 04:45
Andrea Dovizioso Masuk Target Tim Satelit Yamaha untuk MotoGP 2022

KUALA LUMPUR - Pembalap asal Italia, Andrea Dovizioso, rehat sejenak dari dunia MotoGP. Keputusan itu diambilnya karena belum menemukan tim yang tepat untuknya, meski sempat mendapat beberapa tawaran sejak kontraknya dengan Ducati habis pada musim lalu. Namun, Dovizioso mengatakan akan segera kembali ke MotoGP jika mendapat tim yang memiliki ambisi sama dengannya.

Dilaporkan dari The Race pada Sabtu (21/8/2021), tim satelit Yamaha telah memulai pembicaraan dengan Dovizioso untuk bekerjasama pada MotoGP musim depan. Kesepakatan itu diprediksi akan segera terjadi karena tim satelit pabrikan asal Jepang itu akan disponsori oleh perusahaan asal Italia musim depan.

Seperti yang diketahui, sponsor utama mereka, Petronas, mengumumkan tidak akan menyokong tim satelit Yamaha pada musim depan. Kabarnya, perusahaan pemasok energi asal Italia, WithU, akan menjadi sponsor utama mereka menggantikan perusahaan asal Malaysia itu.

Menurut rumor yang beredar, WithU berharap tim satelit Yamaha bisa mendatangkan pembalap asal Italia untuk menunggangi kuda besi mereka. Tentu saja rumor itu memperkuat peluang Dovizioso yang berasal dari Italia untuk mengisi slot pembalap di sana.

Dovizioso menjadi pilihan tepat untuk menemani Darryn Binder yang kabarnya akan diumumkan sebagai pembalap baru tim satelit Yamaha untuk musim depan. Pembalap Afrika Selatan itu akan langsung naik ke MotoGP dari kelas Moto3 dan tentunya membutuhkan sosok berpengalaman seperti Dovizioso untuk menjadi mentornya.

Selain karena belum berpengalaman di MotoGP, Binder yang masih berusia 23 tahun terkenal sebagai pembalap yang agresif. Dia sering sekali jatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan hingga akhir. Oleh karena itu, pembalap berpengalaman seperti Dovizioso akan menjadi rekan satu tim yang cocok untuk adik dari Brad Binder itu.

Perlu diketahui, tim satelit Yamaha memang sedang membutuhkan pembalap baru musim depan. Setelah pembalap legendaris mereka, Valentino Rossi, memutuskan untuk pensiun musim depan. Selain itu, pembalap mereka yang lain, Franco Morbidelli, dikabarkan selangkah lagi akan bergabung dengan tim pabrikan Yamaha musim depan.

Namun, dipecatnya Maverick Vinales sepertinya akan membuat Yamaha menarik Morbidelli lebih cepat pada musim ini. Jika itu terjadi, otomatis Dovizioso diprediksi akan menemani Rossi di tim satelit Yamaha untuk sisa musim 2021.

Artikel Asli